Penumpang Pesawat di Bandara Malikussaleh Aceh Normal, Okupansi 80 Persen

Kompas.com - 02/09/2020, 11:13 WIB
Penumpang menuju pintu keluar setelah turun dari pesawat Wings Air di Bandara Sultan Malikussaleh, Kabupaten Aceh Utara, Aceh, Minggu (9/9/2019). KOMPAS.com/MASRIADIPenumpang menuju pintu keluar setelah turun dari pesawat Wings Air di Bandara Sultan Malikussaleh, Kabupaten Aceh Utara, Aceh, Minggu (9/9/2019).

ACEH UTARA, KOMPAS.com – Penumpang dari dan menuju Bandara Sultan Malikussaleh, Aceh Utara kini mulai normal kembali.

Maskapai Wings Air yang melayani rute Bandara Sultan Malikussaleh ke Bandara Kuala Namu Medan atau sebaliknya, misalnya, kini mencapai 80 persen.

Bahkan, dalam beberapa kali kesempatan, seluruh kursi maskapai yang menggunakan pesawat jenis ATR itu ludes terjual.

Baca juga: Wings Air Terbang Lagi Kualanamu-Malikussaleh, Citilink Bagaimana?

Hingga saat ini, Rabu (2/9/2020), Wings Air merupakan satu-satunya maskapai penerbangan dari dan menuju Bandara Malikussaleh.

 

Sementara Citilink, maskapai penerbangan lain yang juga beroperasi di bandara ini, belum bisa terbang.

Kepala Tata Usaha, Bandara Sultan Malikussaleh, Niswan, menyebutkan, memasuki new normal, jumlah penumpang berangsur-angsur normal kembali.

"Kalau Wings Air jadwalnya itu Selasa, Kamis dan Sabtu. Tiga hari dalam sepekan. Rata-rata 80 persen kursi terjual," kata Niswan saat dihubungi, Senin (1/9/2020)

"Sementara Citilink hingga akhir September 2020 menyatakan tidak terbang ke Malikussaleh," lanjutnya.

Baca juga: Krueng Seulayang, Pilihan Tempat Wisata di Aceh Utara Setelah Pandemi

Dia menyebutkan, mayoritas penumpang merupakan warga Aceh yang pulang dari Medan, Sumatera Utara menggunakan jalur udara.

Sejauh ini, belum ada wisatawan yang sengaja berkunjung ke Aceh selama masa pandemi virus covid-19.

"Saya lihat wisatawan belum ada selama pandemi ini. Mungkin setelah pandemi baru berkujung lagi ke Aceh. Mayoritas penumpang maskapai itu warga lokal Aceh," pungkasnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X