Seramai Apa Museum Nasional di Era New Normal?

Kompas.com - 03/09/2020, 10:10 WIB
Museum Nasional, belajar dari rumah TVRI 3 Juni Kompas.com/Gischa PrameswariMuseum Nasional, belajar dari rumah TVRI 3 Juni

KOMPAS.comMuseum Nasional sudah dibuka kembali sejak Selasa (16/6/2020) dengan menerapkan sejumlah protokol kesehatan

Kepala Museum Nasional Siswanto mengatakan, rata-rata angka kunjungan per hari terbilang cukup berbeda dibanding sebelum pandemi Covid-19.

“Total kunjungan per hari rata-rata di atas 20 orang. Mereka masih takut keluar rumah, belum sempat berkunjung, atau belum tahu (museum telah dibuka),” kata dia kepada Kompas.com, Rabu (2/9/2020).

Sebelum pandemi, imbuh Siswanto, rata-rata angka kunjungan per hari bisa mencapai seribu orang, terutama pada akhir pekan.

Itu lantaran banyak rombongan sekolah yang berkunjung ke Museum Nasional dan kunjungan dari wisatawan yang datang karena ada acara komunitas.

Baca juga: Ikut Edukasi Online dan Jadi Kurator Seni Museum Nasional, Begini Caranya...

“Di Museum Nasional ada kegiatan sebelum pandemi, dari komunitas yang memanfaatkan ruang museum. Sekarang ada kegiatan, tetapi online,” ujar Siswanto.

Salah satu kegiatan yang dimaksud adalah belajar menari. Saat ini, kegiatan tersebut hanya mendatangkan delapan orang saja ke museum.

Delapan penari tersebut kemudian akan memulai latihan menari yang disiarkan secara online kepada khalayak. Sebelum pandemi, kegiatan bisa diikuti ratusan penari.

Koleksi yang digemari wisatawan

Adapun, target pengunjung Museum Nasional adalah semua umur. Dari seluruh wisatawan, Siswanto melihat ada minat melihat koleksi yang berbeda dari beberapa kategori wisatawan sebelum pandemi.

Tangkapan layar tur virtual Museum Nasional Indonesia, Selasa (7/4/2020).kompas.com / Nabilla Ramadhian Tangkapan layar tur virtual Museum Nasional Indonesia, Selasa (7/4/2020).

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X