Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tempat Wisata di Pacitan yang Sudah Bisa Dikunjungi Wisatawan Nusantara, Mana Saja?

Kompas.com - 03/09/2020, 16:04 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Sebanyak delapan tempat wisata di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur kini sudah dibuka untuk wisatawan nusantara (wisnus).

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pacitan Andi Faliandra mengatakan, sebelumnya delapan tempat wisata tersebut hanya menerima wisatawan lokal selama tahap simulasi pembukaan.

“Delapan tempat wisata sudah memasuki tahap uji coba sejak Jumat (28/8/2020),” kata Andi kepada Kompas.com, Kamis (3/9/2020).

Baca juga: Selesai Simulasi, 2 Tempat Wisata di Pacitan Ini Dibuka untuk Umum

Adapun, delapan tempat wisata yang dimaksud adalah Pantai Teleng Ria, Pantai Pidakan, Pantai Klayar, Pantai Watu Bale, Pantai Soge, Pantai Watu Karung, Pantai Pancer Door, dan Beiji Park.

Dari delapan tempat wisata tersebut, Pantai Teleng Ria dan Beiji Park sudah menerima wisnus kembali sejak Selasa (11/8/2020).

Ada pembatasan wisatawan

Meski wisatawan dari luar Pacitan sudah bisa berkunjung, imbuh Andi, terdapat syarat yang harus dipatuhi.

“Masih dibatasi. Kendaraan yang digunakan hanya roda dua dan roda empat berkapasitas delapan orang. Di atas itu belum boleh. Itu aja syaratnya selain patuhi protokol kesehatan,” ujar Andi.

Baca juga: Beiji Park, Spot Selfie Wisata Alam Baru di Pacitan yang Sudah Buka untuk Umum

Adapun, protokol kesehatan yang harus dipatuhi selama berada di obyek-obyek wisata Pacitan, antara lain adalah wajib melalui prosedur pemeriksaan suhu tubuh dan memakai masker.

Selanjutnya, wisatawan harus menaati peraturan jaga jarak antar-wisatawan, serta mencuci tangan sebelum dan sesudah membeli tiket.

Dua tempat wisata paling ramai

Sejak dibuka kembali untuk wisnus, dua dari delapan tempat wisata tersebut memiliki jumlah kunjungan paling ramai pada hari kedua dan ketiga pembukaan.

“Pertama paling ramai di Pantai Klayar, kedua di Pantai Watu Karung. Pantai Klayar ramai karena ikon Pacitan dan yang paling ditunggu wisatawan,” ungkap Andi.

Pantai Klayar Pacitan pada sore hari.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Pantai Klayar Pacitan pada sore hari.

Pada Sabtu (29/8/2020) dan Minggu (30/8/2020), jumlah kunjungan per hari sudah membludak lantaran hampir mencapai 3.000 wisatawan.

Baca juga: Itinerary ke Pacitan 2 Hari 1 Malam, Destinasi yang Cocok untuk Petualang

“Batas kunjungan 2.500 per hari. Kalau sudah segitu, kita tutup sampai ada orang keluar. Kami tetap hari-hati dalam rangka pembukaan supaya tidak ada penyebaran virus Covid-19,” ujar Andi.

Pada masa pandemi seperti saat ini, pastikan saat berkunjung tetap melakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, jaga jarak, dan tidak bepergian jika demam atau suhu tubuh di atas 37,3 derajat Celsius.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com