Kompas.com - 04/09/2020, 08:10 WIB
Gua Gong, Pacitan KOMPAS.comGua Gong, Pacitan

KOMPAS.com – Sebanyak tiga tempat wisata di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur siap dibuka kembali untuk tahap simulasi.

“Kita ada tiga tempat wisata berisiko tinggi yang lagi persiapan tahap simulasi. Ada Goa Tabuhan, Goa Gong, dan Pemandian Banyu Anget,” ungkap Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pacitan Andi Faliandra kepada Kompas.com, Kamis (3/9/2020).

Baca juga: Asyik! Pantai Klayar Sudah Dibuka untuk Wisatawan Luar Pacitan

Selama tahap simulasi, tiga tempat wisata tersebut hanya menerima wisatawan lokal saja dan belum menerima wisatawan nusantara (wisnus).

Renananya, Goa Tabuhan, Goa Gong, dan Pemandian Banyu Anget akan memasuki tahap simulasi pada pertengahan September 2020.

Andi menuturkan bahwa tiga tempat wisata tersebut disebut sebagai tempat wisata berisiko tinggi karena terbatasnya ruang gerak.

Alhasil, pihaknya kini tengah menyusun protokol kesehatan khusus agar wisatawan bisa berlibur dengan aman.

Baca juga: Selesai Simulasi, 2 Tempat Wisata di Pacitan Ini Dibuka untuk Umum

“Kita sudah persiapkan standar operasional prosedur (SOP) berapa maksimal orang di dalam, berapa lama harus di dalam, dan berapa grup yang masuk sebelum kita berhentikan,” tutur Andi.

Selama pemberhentian arus wisatawan, pihak pengelola tiga tempat wisata akan melakukan pembersihan secara menyeluruh sebelum wisatawan diizinkan untuk berkunjung kembali.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X