Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selama Agustus 2020, Setiap Hari 2.500-3.000 Orang Datang ke Bali via Bandara Ngurah Rai

Kompas.com - 05/09/2020, 09:41 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Enam bulan pandemi Covid-19, sektor pariwisata dan perjalanan mulai bergerak kembali. Hal tersebut setidaknya terlihat dari jumlah orang yang datang ke salah satu destinasi wisata yaitu Bali.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Badung, Cok Raka Darmawan mengatakan, selama bulan Agustus 2020 ada sekitar 2.500-3.000 wisatawan nusantara (wisnus) datang ke Bali setiap harinya, melalui pintu masuk udara yaitu Bandara Ngurah Rai.

Baca juga: Bali Tunda Pembukaan Pariwisata untuk Turis Asing

"Sejak 1 Agustus, Bali buka pariwisata domestik 31 Juli, dan kami catat 1 Agustus sampai 31 Agustus itu kunjungan orang yang datang dari Bandara Ngurah Rai. Itu rata-rata per hari 2.500-3.000 orang pada bulan Agustus," kata Cok Raka dalam webinar Voxpp Shout! bertemakan Lebih Jauh Kampanye Indonesia Care dan Panduan Protokol Kesehatan Untuk Daya Tarik Wisata, Jumat (4/9/2020).

Namun, ia mengatakan jumlah kunjungan tersebut masih terbilang rendah jika dibandingkan kunjungan tahun lalu di bulan yang sama.

Berdasarkan laporannya, tahun lalu khususnya kunjungan wisatawan nusantara ke Bali per harinya berkisar 13.000-15.000 orang.

Baca juga: Bali Tunda Terima Wisman, Seperti Apa Strategi Menolong Industri Pariwisatanya?

"Tetapi sekarang baru 2.500-3.000, sehingga terjadi minus 81 persen kurang lebih pada saat akhir Agustus 2020," terangnya.

Bali sendiri saat ini hanya baru membuka pariwisata untuk wisatawan lokal dan wisnus. Sementara itu, Bali telah mengumumkan untuk menunda pembukaan pariwisata bagi wisatawan mancanegara (wisman) yang sedianya dijadwalkan 11 September 2020.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com