Kompas.com - 05/09/2020, 11:30 WIB
Kelenteng Hok Cing Bio di Pulau Kemaro, Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (24/1/2014), yang mulai berhias menyambut Cap Go Meh. Pulau di tengah Sungai Musi ini menjadi tujuan ratusan ribu orang dari sejumlah daerah setiap perayaan Cap Go Meh atau bulan purnama pertama setelah Imlek. KOMPAS/IRENE SARWINDANINGRUMKelenteng Hok Cing Bio di Pulau Kemaro, Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (24/1/2014), yang mulai berhias menyambut Cap Go Meh. Pulau di tengah Sungai Musi ini menjadi tujuan ratusan ribu orang dari sejumlah daerah setiap perayaan Cap Go Meh atau bulan purnama pertama setelah Imlek.

KOMPAS.comPulau Kemaro yang terletak di tengah Sungai Musi, menjadi salah satu tempat wisata favorit di Kota Palembang.

Pulau Kemaro juga disebut sebagai tempat yang melegenda karena cerita unik dan keistimewaannya.

Nama Pulau Kemaro berasal dari kata ‘Kemarau’, karena pulau ini tidak pernah tenggelam atau terendam meskipun air Sungai Musi sedang pasang.

Ketika menginjakkan kaki di Pulau Kemaro, wisatawan dapat merasakan nuansa unik karena dilengkapi dengan situs sejarah, seperti Pagoda berlantai sembilan, Klenteng Hok Tjing Rio, pohon cinta dan makam.

Pulau dengan aura misterius

Pulau yang terbentuk di Sungai Musi ini memiliki pesona dan keindahan yang cantik dan misterius.

Ada kisah legenda menarik di Pulau Kemaro yakni kisah cinta antara Tan Bun An seorang saudagar Tiongkok dengan Siti Fatimah seorang putri Palembang.

Pengunjung biasanya datang ke sini untuk sembahyang, dan mengunjungi makam dari tokoh kisah cinta tersebut, yaitu makam Tan Bun An, Siti Fatimah, dan para prajuritnya.

Baca juga: Mulai September, Scoot Kembali Layani Rute Palembang-Singapura dan Pekanbaru-Singapura

Pagoda yang cantik

Salah satu daya tarik Pulau Kemaro yakni pagoda dengan 9 lantai yang dibangun pada 2006. Pagoda ini merupakan bagian dari Klenteng Hok Tjing Rio yang dibangun pada 1962.

Klenteng ini juga sering digunakan pada perayaan Imek dan Cap Go Meh.

Pagoda ini memiliki gaya arsitektur yang sangat kental dengan budaya Tionghoa, sangat menarik, cantik dan cocok untuk dijadikan latar foto Instagramable.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X