Desa Bahoi di Likupang Barat, Sulawesi Utara yang Punya Banyak Tempat Wisata

Kompas.com - 05/09/2020, 19:07 WIB
Jamuan prasmanan bagi wisatawan di Desa Bahoi, Kecamatan Likupang Barat, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara digelar lapangan terbuka dengan tetap mempertahankan suasana aslinya, termasuk sebuah sumur yang menjadi sumber air bersih bagi warga. KOMPAS.COM/RONNY ADOLOF BUOLJamuan prasmanan bagi wisatawan di Desa Bahoi, Kecamatan Likupang Barat, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara digelar lapangan terbuka dengan tetap mempertahankan suasana aslinya, termasuk sebuah sumur yang menjadi sumber air bersih bagi warga.


KOMPAS.com - Desa Bahoi adalah salah satu desa yang berada di Kecamatan Likupang Barat, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara.

Dari Bandara Sam Ratulangi ke Desa Bahoi, butuh waktu sekitar satu setengah jam menggunakan mobil. 

Lantas, apa yang menarik wisata di Desa Bahoi?

1. Punya kekayaan budaya dan ekowisata

Wisatawan bisa menginap di rumah-rumah warga sambil menyaksikan budaya desa. Tak hanya itu, masyakaat di Desa Bahoi sadar akan ekowisata. 

Desa ini memiliki beragam tempat wisata, mulai dari bawah laut hingga hutan bakau. Adapun, hutan bakau dikelola sendiri oleh masyarakat, lengkap dengan beragam flora dan fauna di dalamnya.

Baca juga: Mengintip Wisata Tersembunyi di Destinasi Super Prioritas Likupang

Bagi wisatawan yang berkunjung ke hutan bakau itu, mereka bisa berfoto di jembatan gantung cantik di tengah hutan. Dari atas jembatan, wisatawan juga bisa memancing ikan.

2. Punya spot diving dan snorkeling yang bagus

Kegiatan lain yang bisa dilakukan di Desa Bahoi adalah snorkeling dan diving. Ada sekitar dua hektar Daerah Perlindungan Laut (DPL) yang memiliki terumbu karang yang dilindungi.

Namun, kawasan DPL itu dijaga ketat, apabila ada wisatawan atau masyarakat setempat yang melanggar, mereka akan dikenai sanksi berdasarkan Peraturan Desa (PerDes).

Masyarakat juga menyediakan perahu berukuran 10x8 meter untuk berkeliling hutan bakau, membawa wisatawan snorkling dan diving.

Ilustrasi terumbu karang yang sehat dan belum terkena dampak pemanasan global yang menyebabkan pemutihan karang karena kenaikan suhu air laut. Ilustrasi terumbu karang yang sehat dan belum terkena dampak pemanasan global yang menyebabkan pemutihan karang karena kenaikan suhu air laut.

 

Wisatawan juga bisa ganti baju dan ada kotak pengaman untuk simpan barang-barang berharga.

Untuk tinggal bersama warga di Desa Bahoi ini harga penginapannya beragam, tetapi masih lebih murah dibandingkan menginap di hotel. 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X