10 Tempat Wisata di Sleman, dari Alam hingga Budaya

Kompas.com - 08/09/2020, 13:28 WIB
Panorama matahari terbenam di kompleks Candi Prambanan, Yogyakarta. SHUTTERSTOCK/REUBEN TEOPanorama matahari terbenam di kompleks Candi Prambanan, Yogyakarta.

KOMPAS.COMSleman merupakan sebuah Kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta yang menawarkan tempat wisata alam dan budaya yang menarik, sehingga tak boleh terlewatkan.

Tempat wisata di Sleman yang asri dan memberi wawasan dengan campur tangan pesona alam, begitu menarik perhatian, baik dari wisatawan domestik maupun mancanegara.

Simak 10 tempat wisata di Sleman yang harus dikunjungi saat berlibur.

1. Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan salah satu warisan dunia dan candi hindu terbesar di Indonesia, terletak di Jalan Raya Solo–Yogyakarta nomor 16, Kranggan, Bokoharjo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Candi Prambanan.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Candi Prambanan.

Candi yang ada di perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah ini juga memiliki candi lain di kompleksnya, seperti Candi Sewu.

Baca juga: Gamplong Studio di Sleman, Tempat Shooting Bumi Manusia yang Instagramable

Di kompleks Candi Prambanan pula, diselenggarakan pertunjukan Sendratari Ramayana secara rutin pada malam harinya. Adapun, tiket masuk Candi Prambanan adalah Rp 25.000.

2. Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko merupakan sebuah bangunan kerajaan masa lalu. Lokasinya ada di Gatak, Bokoharjo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Candi Ratu BokoShutterstock.com Candi Ratu Boko

Candi ini berada pada ketinggian sekitar 200 meter di atas permukaan laut (mdpl) yang diperkirakan dibangun pada abad ke-8 masehi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X