Borobudur Marathon 2020 Digelar dalam Bentuk Hybrid

Kompas.com - 09/09/2020, 15:05 WIB
Para peserta lari Borobudur Marathon memacu tenaganya saat bendera mula diangkat, Minggu (17/11/2019) di kawasan Candi Borobudur, Magelang. KOMPAS.com/MOCHAMAD SADHELIPara peserta lari Borobudur Marathon memacu tenaganya saat bendera mula diangkat, Minggu (17/11/2019) di kawasan Candi Borobudur, Magelang.

SEMARANG, KOMPAS.com - Dengan mengusung tema Rhythm of Soul atau ritme jiwa, Borobudur Marathon tetap digelar meski dalam situasi pandemi.

Borobudur Marathon 2020 ini berbeda dari tahun sebelumnya, karena dikemas dalam bentuk event hybrid yang merupakan sebuah kombinasi dari elite run dan virtual run.

Ajang para pecinta lari nasional hingga internasional ini akan dihelat pada Minggu, 15 November 2020 di Taman Lumbini, Kompleks Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Baca juga: 7 Tips Berkunjung ke Nepal van Java di Dusun Butuh, Magelang

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, keputusan untuk tetap melaksanakan Borobudur Marathon pada tahun ini tidaklah mudah.

Meski sempat ragu untuk melaksanakan, tetapi dengan pertimbangan matang, akhirnya konsep hybrid yang diambil dalam ajang tahun ini.

"Event ini tidak akan hilang, meskipun dengan cara baru. Sekaligus, ini intuk edukasi, bagaimana kita beradaptasi dengan kebiasaan baru di tengah pandemi," kata Ganjar saat konferensi pers di Puri Gedeh, Selasa (8/9/2020).

Baca juga: Nepal van Java Dusun Butuh Magelang yang Unik Berlatar Gunung Sumbing

Menurutnya, sudah banyak atlet lari nasional yang kehilangan kesempatan untuk mengasah kemampuan dalam ajang lomba lari.

Sebab, karena pandemi, sejumlah event lari baik nasional maupun internasional dibatalkan.

"Makanya, ketika kita bisa membuat lomba yang lebih bisa diterima, aman dari sisi kesehatan, harapan kita bisa memberikan ruang pada para pelari menggunakan trek dengan aman untuk tetap berprestasi," lanjutnya.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X