3 Danau di Bali yang Wajib Dikunjungi, Ada Danau Batur

Kompas.com - 10/09/2020, 09:10 WIB
Pemandangan Gunung Batur (1.717 mdpl) dengan latar depan permukaan air Danau Batur, yang merupakan danau di kaldera pada ketinggian 1.050 mdpl. Permukaan air Danau Batur seluas 16.05 KM2  terletak di Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali. KOMPAS.COM/RONNY ADOLOF BUOLPemandangan Gunung Batur (1.717 mdpl) dengan latar depan permukaan air Danau Batur, yang merupakan danau di kaldera pada ketinggian 1.050 mdpl. Permukaan air Danau Batur seluas 16.05 KM2 terletak di Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali.

KOMPAS.com – Sebagian besar masyarakat yang berlibur ke Bali mungkin lebih senang untuk berkunjung ke pantai.

Kendati demikian, Bali juga memiliki wisata alam lainnya seperti danau yang bisa dikunjungi karena tidak kalah indah.

“Wisata danau bisa ke Danau Batur. Sekarang sudah ada perkemahan, sudah semakin menggeliat,” kata Ketua Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Bali I Nyoman Nuarta kepada Kompas.com, Rabu (9/9/2020).

Baca juga: Syarat Liburan ke Bali di Era New Normal

Selain Danau Batur, danau apa saja yang dapat dikunjungi oleh wisatawan selama berlibur di Bali?

1. Danau Buyan, Kabupaten Buleleng

Danau Buyan terletak di Desa Pancasari, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng. Panorama yang ditawarkan merupakan kombinasi dari daratan, perairan, dan pegunungan.

Danau tersebut merupakan kaldera tua yang berisi air hujan sama, seperti Danau Tamblingan dan Danau Beratan yang saling berdekatan.

Danau Buyan di Kabupaten Buleleng, Bali.https://bulelengkab.go.id/ Danau Buyan di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kaldera atau kawah besar tersebut merupakan hasil dari letusan Gunung Lesung. Meski sama-sama tercipta dari kaldera, Danau Buyan adalah yang terbesar dari ketiganya.

Selama berada di sana, wisatawan bisa berkemah di salah satu dari tiga area perkemahan yang sudah disediakan oleh pengelola tempat wisata.

Namun, area yang paling digemari oleh pengunjung adalah area perkemahan di pinggir danau. Kegiatan lain yang bisa dilakukan adalah trekking menyusuri hutan dan perbukitan yang mengelilingi danau.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X