Puncak Bukit Mongkrang Tawangmangu yang Sebenarnya, Pernah ke Sana?

Kompas.com - 11/09/2020, 16:04 WIB
Puncak tertinggi Bukit Mongkrang Tawangmangu. KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYAPuncak tertinggi Bukit Mongkrang Tawangmangu.

KOMPAS.comBukit Mongkrang merupakan salah satu tujuan wisata pendakian bagi masyarakat Kota Solo, Kabupaten Karanganyar, dan sekitarnya.

Itu karena medan pendakian Bukit Mongkrang termasuk mudah dan jelas, sehingga cocok bagi pendaki pemula.

Waktu tempuhnya pun tidak terlalu lama. Hanya butuh waktu sekitar satu jam bagi pendaki untuk mencapai puncak pertama, yakni Bukit Candi I dan II.

Adapun, Bukit Mongkrang biasanya didaki melalui Tlogo Dringo, Cemara Kandang, Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar.

Tawangmangu sendiri merupakan destinasi wisata di lereng Gunung Lawu yang menjadi tujuan liburan masyarakat, terutama saat akhir pekan.

Di mana kah puncak Bukit Mongkrang?

Para pendaki Bukit Mongkrang kebanyakan hanya mendaki sampai puncak pertama, yakni Bukit Candi I dan II.

Terdapat kawasan datar di kedua puncak itu yang bisa dimanfaatkan para pendaki untuk bersantai dan mendirikan tenda.

Pemandangan dari Bukit Candi I dan II pun begitu menawan. Pendaki bisa melihat Gunung Lawu yang menjulang tinggi di sisi utara.

Baca juga: Indahnya Matahari Terbit dari Bukit Mongkrang Karanganyar

Namun, apakah tempat yang biasanya didatangi pendaki itu merupakan puncak Bukit Mongkrang? Ternyata jawabannya adalah bukan.

Jika pendaki menghadap ke selatan di Bukit Candi I dan II, maka di depan akan terlihat puncak yang lebih tinggi lagi.

Puncak Bukit Mongkrang dilihat dari Puncak Bukit Candi I dan II.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Puncak Bukit Mongkrang dilihat dari Puncak Bukit Candi I dan II.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X