5 Wisata Air Terjun di Bali, Indah dan Segar

Kompas.com - 11/09/2020, 19:20 WIB
Spot instagramable di Tegenungan Waterfall yang terletak di Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali. Kompas.com/SHERLY PUSPITASpot instagramable di Tegenungan Waterfall yang terletak di Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali.

KOMPAS.com – Pulau Bali menawarkan wisata alam lain, seperti pantai, perbukitan, pegunungan, danau, hingga air terjun.

Jika ingin berkunjung ke air terjun, salah satu destinasi wisata di Indonesia paling tersohor tersebut memiliki beberapa tempat wisata yang masing-masing memiliki pemandangan air terjun yang menarik.

Baca juga: Rekomendasi 5 Hotel di Badung Bali, Harga Mulai Rp 250.000-an

Ketua Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Bali, I Nyoman Nuarta, merekomendasikan beberapa air terjun yang patut dikunjungi selama berlibur di Bali.

“Ada Air Terjun Gitgit sama ada Air Terjun Sekumpul. Di Gianyar ada Air Terjun Tegenungan,” kata Nyoman kepada Kompas.com, Rabu (9/9/2020).

Lantas, apa saja air terjun yang bisa dikunjungi selama berada di Bali dan apa saja keindahan yang ditawarkan?

1. Air Terjun Gitgit, Kabupaten Buleleng

Air Terjun Gitgit berlokasi di Desa Gitgit, Kecamatan Sukasada. Air terjun dengan ketinggian sekitar 35 meter ini memiliki air yang jernih dan dikelilingi oleh tumbuhan dan pepohonan rindang.

Air Terjun Gitgit di Kabupaten Buleleng, Bali.https://bulelengkab.go.id/ Air Terjun Gitgit di Kabupaten Buleleng, Bali.

Selain panorama alam yang ditawarkan, udara di sana pun terbilang cukup sejuk sehingga pengunjung yang datang mungkin betah untuk berlama-lama di sana.

Jarak untuk menuju air terjun tersebut dari area parkir adalah 250 meter. Sepanjang perjalanan, wisatawan sudah bisa mendengar suara gemuruh air yang berpadu dengan kicauan burung.

Debit air terjun tersebut terbilang cukup normal sehingga wisatawan bisa berenang atau mandi di bawah derasnya aliran air.

Kendati demikian, dua kegiatan wisata tersebut jangan dilakukan pada musim hujan lantaran debit air sangat deras.

Dasar kolam air terjun memiliki kontur tanah yang berbeda di beberapa sisi. Saat berendam di sana, kamu juga bisa bermain “perosotan” alami sambil menikmati dinginnya air dan indahnya pemandangan.

Usai bermain air dan puas memanjakan mata dengan lingkungannya yang masih asri dan suasana yang tenang, kamu bisa berkunjung ke area penjualan oleh-oleh.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X