North Yungas Bolivia, Jalan Paling Mematikan di Dunia

Kompas.com - 13/09/2020, 09:09 WIB
North Yungas di Bolivia yang merupakan jalan paling mematikan di dunia. SHUTTERSTOCK.com/ANDREW CLIFFORTHNorth Yungas di Bolivia yang merupakan jalan paling mematikan di dunia.

KOMPAS.comNorth Yungas sering disebut Jalan Kematian karena kondisinya yang buruk, sempit, tidak memiliki pagar pembatas, dan memiliki tikungan tajam.

Jalan mematikan ini memiliki panjang sekitar 80 kilometer (km) yang menghubungkan Kota Los Yungas dengan La Paz, Ibu Kota Bolivia. Lokasi jalan berada dalam wilayah Hutan Amazon.

North Yungas yang memiliki ketinggian maksimum 4.650 meter ini dibangun pada 1930 oleh tawanan perang Paraguay dalam perang Chaco.

Dengan lokasi jalan yang sungguh mengerikan, dilaporkan bahwa jalan North Yungas menelan hampir 300 korban setiap tahunnya. Kecelakaan biasanya disebabkan kendaraan yang mencoba untuk menyalip, turunan jalan terjal, dan tidak ada pagar pembatas.

Meskipun diselimuti fakta yang membuat ngeri, banyak pengendara sepeda melintasi jalanan ini untuk menantang adrenalin.

Tak hanya sekadar kengerian, jalan North Yungas menawarkan pemandangan hijau yang luar biasa dari pergunungan dan hutan Amazon.

Untuk mencapai titik awal jalan North Yungas, pengunjung harus berkendara sekitar 1 jam lebih dari pusat kota La Paz.

Sebelum bertemu dengan titik awal Death Road, pengendara akan menemukan pos yan bisa digunakan sebagai tempat pemeriksaan keamanan, beristirahat, makan, dan minum.

Baca juga: Pesona Menakjubkan Salar de Uyuni, Cermin Langit Raksasa di Bolivia

Untuk bersepeda di jalan mematikan ini, pesepeda bisa menggunakan jasa tur yang menyediakan tur Death Road Bolivia.

Jika hendak menantang adrenalin di North Yungas, pesepeda perlu memperhatikan perlengkapan keselamatan, seperti sepeda gunung, helm, jaket tahan air, celana tahan air, sarung tangan, bantalan tulang kering dan siku.

Pastikan cuaca sedang baik saat hendak melintas karena jika hujan, berangin, atau berkabut, kondisi itu jelas berbahaya.

Pada saat berkendara di jalan ini, pengendara juga harus selalu memperhatikan kendaraan lain yang melintas di jalan ini. Tetap berada di satu sisi, untuk menjaga keselamatan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X