16 Ucapan Selamat Hari Suci Galungan, Pilih yang Mana?

Kompas.com - 15/09/2020, 21:31 WIB
Sejumlah umat Hindu melaksanakan upacara dalam perayaan Hari Galungan di Pura Jagatnatha, Denpasar, Bali, Rabu (1/11/2017). Perayaan Galungan digelar untuk memperingati kemenangan Dharma (kebaikan) melawan Adharma (kejahatan) bagi umat Hindu, sekaligus rasa syukur kepada Ida Sang Hyang Widi Wasa atas ciptaan alam semesta beserta isinya. AFP PHOTO/SONNY TUMBELAKASejumlah umat Hindu melaksanakan upacara dalam perayaan Hari Galungan di Pura Jagatnatha, Denpasar, Bali, Rabu (1/11/2017). Perayaan Galungan digelar untuk memperingati kemenangan Dharma (kebaikan) melawan Adharma (kejahatan) bagi umat Hindu, sekaligus rasa syukur kepada Ida Sang Hyang Widi Wasa atas ciptaan alam semesta beserta isinya.

KOMPAS.com - Rabu (16/9/2020), umat Hindu akan merayakan Hari Suci Galungan yang merupakan hari kemenangan kebaikan atas kejahatan.

Umat Hindu akan pergi bersembahyang ke pura di desa masing-masing pada pagi harinya. Kemudian melanjutkan ke pura keluarga hingga pura gabungan keluarga.

Biasanya, ada pula momen di mana umat lain mengucapkan Selamat Hari Galungan kepada umat Hindu yang merayakan.

Menurut Guru Besar Ilmu Pariwisata Universitas Udayana Bali, I Gede Pitana, sebenarnya pengucapan yang lebih tepat adalah Selamat Hari Suci Galungan, bukan hari raya.

Baca juga: Catat, Tips Wisata di Bali Saat Galungan dan Kuningan

Tak sembarang mengucapkan, ada makna yang tersimpan di dalam ucapan Selamat Hari Suci Galungan.

Ia menjelaskan bahwa makna dari pengucapan tersebut adalah mendoakan antar sesama agar mendapat perlindungan dari Tuhan dan para leluhur.

Penambahan kata para leluhur dalam pengucapan selamat tersebut merupakan filosofi dari umat Hindu yang sangat meyakini bahwa leluhur sebagai jembatan antara manusia dengan Tuhan.

"Jadi perlindungan leluhur itu sangat penting di Bali. Dan kalau kita lihat, pura-pura di Bali sebagian besar itu pura untuk leluhur, bukan untuk Tuhan. Itu makna sesungguhnya," jelasnya.

Sejumlah umat Hindu melaksanakan upacara dalam perayaan Hari Galungan di Pura Jagatnatha, Denpasar, Bali, Rabu (1/11/2017). Perayaan Galungan digelar untuk memperingati kemenangan Dharma (kebaikan) melawan Adharma (kejahatan) bagi umat Hindu, sekaligus rasa syukur kepada Ida Sang Hyang Widi Wasa atas ciptaan alam semesta beserta isinya.AFP PHOTO/SONNY TUMBELAKA Sejumlah umat Hindu melaksanakan upacara dalam perayaan Hari Galungan di Pura Jagatnatha, Denpasar, Bali, Rabu (1/11/2017). Perayaan Galungan digelar untuk memperingati kemenangan Dharma (kebaikan) melawan Adharma (kejahatan) bagi umat Hindu, sekaligus rasa syukur kepada Ida Sang Hyang Widi Wasa atas ciptaan alam semesta beserta isinya.

Jika kamu masih bingung bagaimana cara mengucapkan Selamat Hari Suci Galungan kepada umat Hindu, berikut Kompas.com rangkum kumpulannya dirangkum dari Pitana dan Tribun Bali:

1. Selamat Merayakan Hari Suci Galungan, Semoga Dharma Menang Atas Adharma

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X