Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

25 Tempat Wisata di Lombok yang Wajib Dikunjungi, Selain 3 Gili

Kompas.com - 16/09/2020, 10:15 WIB
Lenny Septiani,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Lombok merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia. Pesona yang ditawarkan beragam, mulai dari pantai hingga pegunungan.

Oleh karena itu, tak salah jika Lombok kerap jadi masuk daftar impian para wisatawan untuk berkunjung dan berlibur di sana.

Kompas.com merangkum pilihan 25 tempat wisata di Lombok yang bisa dikunjungi jika sedang liburan di sana.

1. Pantai Pink

Wisatawan setelah snoreling, di Long Beach salah satu pantai pink yang berada di kawasan TN Komodo, NTT, Selasa (13/11/2018).KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Wisatawan setelah snoreling, di Long Beach salah satu pantai pink yang berada di kawasan TN Komodo, NTT, Selasa (13/11/2018).

Pantai Pink merupakan salah satu pantai yang populer dengan menawarkan pemandangan indah dan hamparan pasir berwarna merah muda.

Pantai Pink memiliki air jernih dan pemandangan bawah laut yang indah. Pengunjung dapat snorkeling dan diving. Jika tertarik, ada penyewaan alat di lokasi.

Memiliki kondisi ombak yang cukup tenang, Pantai Pink sangat cocok untuk berenang dan berwisata keluarga yang membawa anak-anak.

Pengunjung akan dikenai biaya masuk sebesar 10 ribu per orang untuk wisatawan lokal, 50 ribu per orang untuk wisatawan mancanegara, rombongan pelajar lokal sebesar 5 ribu per orang, dan rombongan pelajar mancanegara sebesar 25 ribu per orang.

Baca juga: Menikmati Keindahan Pantai Pink di Lombok

2. Pantai Senggigi

Keindahan laut di pantai Senggigi, Lombok, NTB.shutterstock/khafidmukriyanto Keindahan laut di pantai Senggigi, Lombok, NTB.

Salah satu pantai yang populer di Lombok, yaitu Pantai Senggigi. Letaknya di Jalan Raya Senggigi, Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat.

Pantai Senggigi memiliki air laut yang biru dan jernih, sehingga sangat cocok untuk snorkeling dengan pemandangan bawah laut yang cantik.

Pantai ini memiliki kondisi ombak yang cocok untuk berselancar, termasuk untuk pemula.

Jika ingin menikmati pemandangan indah di Pantai Senggigi, pengunjung dikenai biaya tiket masuk sebesar Rp 15.000 per orang.

Baca juga: Pesona Pantai Senggigi, Bisa Lihat Gunung Agung di Bali dari Lombok

3. Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan di Lombok.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Pantai Tanjung Aan di Lombok.

Pantai Tanjung Aan merupakan salah satu pantai andalan yang tergolong masih asri, karena belum ada pembangunan fasilitas di sekitar kawasan pantai.

Pantai Tanjung Aan yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, memiliki garis pantai kurang lebih 2 kilometer, dan dikelilingi oleh Bukit Merese.

Lokasi pantai tepat berada di Sengkol, Kuta, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah.

Pantai ini memiliki dua jenis pasir yang membentang di sepanjang pantai, yaitu pasir halus bertekstur seperti tepung dan pasir bertekstur seperti.

Ombak di Pantai Tanjung Aan memiliki gelombang yang tidak terlalu besar, sehingga sangat cocok untuk berenang, snorkeling, dan berselancar.

Untuk mengunjungi pantai ini, pengunjung dikenai biaya parkir sebesar Rp 5.0000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

Lokasi pantai tidak terlalu jauh dari Bandara Lombok. Pengunjung dapat menggunakan kendaraan mobil atau motor, dengan waktu tempuh berkisar kurang lebih 30 menit.

Baca juga: Berwisata ke Pantai Tanjung Aan Lombok, Bisa Berselancar dan Berenang

4. Bukit Merese

Lanskap Bukit Merese, Lombok Tengah, NTB, Minggu (4/8/2019). Bukit Merese merupakan salah satu destinasi wisata di Lombok Tengah untuk menyaksikan matahari terbenam.KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO Lanskap Bukit Merese, Lombok Tengah, NTB, Minggu (4/8/2019). Bukit Merese merupakan salah satu destinasi wisata di Lombok Tengah untuk menyaksikan matahari terbenam.

Bukit Merese merupakan bukit yang mengelilingi Pantai Tanjung Aan. Lokasinya terletak di Jalan Kuta Lombok, Kuta Pujut, Kabupaten Lombok Tengah.

Bukit ini merupakan salah satu yang paling hits di Lombok, di mana pengunjung dapat menikmati pemandangan langit dan laut luas, serta pesona sunset saat sore hari.

Bukit Merese sangat cocok dijadikan spot foto Instagramable. Bahkan, tak jarang dijadikan sebagai tempat untuk foto prewedding.

Pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk, dan bisa dikunjungi hanya dengan jalan kaki dari Pantai Tanjung Aan.

Baca juga: Wisata Bukit Malimbu Lombok, Berburu Sunset dan Spot Instagramable

5. Batu Payung

Batu Payung yang tidak jauh dari pantai Tanjung Aan, Kabupaten Lombok Tengah, NTB, saat belum ambruk.KOMPAS.com/ KARNIA SEPTIA Batu Payung yang tidak jauh dari pantai Tanjung Aan, Kabupaten Lombok Tengah, NTB, saat belum ambruk.

Batu Payung menawarkan keindahan batu berdiri tinggi yang terbentuk dari proses alami. Dipandang dari sisi manapun, batu ini akan memberi kesan indah.

Dengan keindahan batu yang memesona, dan pemandangan sekitar yang indah, tempat ini sangat cocok untuk spot foto yang Instagramable.

Lokasi Batu Payung berada di sebelah timur Pantai Tanjung Aan. Untuk mencapai Batu Payung ppengunjung dapat menyewa perahu dari Pantai Tanjung Aan dengan harga sewa berkisar Rp 250.000.

6. Pantai Malimbu

Pantai Malimbu di Pulau Lombok, NTB.RICO SINAGA Pantai Malimbu di Pulau Lombok, NTB.

Pantai Malimbu masih sangat bersih, jarang dikunjungi, dan menawarkan keindahan yang menawan serta memanjakan mata.

Pantai ini terletak di Desa Malaka, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara.

Salah satu yang jadi daya tarik pantai ini adalah karang indah yang disebut ‘Karang Bolong Malimbu’, di mana sering dijadikan spot foto menarik.

Pengunjung dapat berjalan-jalan santai di Pantai Malimbu, menikmati kelembutan pasir, atau berwisata air berkeliling di laut dengan menyewa kano atau perahu.

Berkunjung ke Pantai Malimbu tidak dikenai biaya masuk alias gratis.

7. Bukit Malimbu

Bukit Malimbuinstagram.com/akimmerde Bukit Malimbu

Bukit Malimbu menawarkan panorama sunset yang menawan dan bergandengan dengan pemandangan yang menakjubkan.

Bukit ini memiliki dua titik untuk menikmati pemandangan, yaitu pada sisi timur dan barat, terletak di sisi Pantai Malimbu, di Desa Malaka, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara.

Di Bukit Malimbu, pengunjung dapat melihat pemandangan dari Gunung Agung di Bali, Pulau Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno.

Sambil menikmati pemandangan Bukit Malimbu, pengunjung juga dapat mengisi perut, karna terdapat warung-warung yang menjual makanan, minuman, sampai cindera mata.

Mengunjungi Bukit Malimbu tidak dikenai biaya alias gratis, dan dapat dikunjungi setiap hari 24 jam.

Baca juga: Tiga Gili Lombok Masih Sepi Wisatawan meski Sudah Dibuka Kembali

8. Pantai Kuta Mandalika

Pantai Kuta MandalikaKOMPAS.com/NUR ROHMI AIDA Pantai Kuta Mandalika

Pantai Kuta Mandalika sangat cocok bagi yang menyukai olahraga air, seperti berselancar, snorkeling, hingga diving.

Fasilitas di Pantai Kuta ini juga tergolong lengkap seperti area parki, toilet, warung makan, ATM, mushola, penginapan, dan pneyewaan alat watersport.

Pantai Kuta Mandalika berada tak jauh dari Bandara, tepatnya di Desa Pujut, Lombok Tengah, dapat ditempuh dengan mobil atau motor dalam waktu tempuh kurang dari 30 menit.

Pengunjung tidak akan dikenai tiket masuk, hanya dikenai biaya parkir kendaraan Rp 5.000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com