Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara Soekarno-Hatta Sabet Predikat Bandara Teraman dari Covid-19

Kompas.com - 16/09/2020, 16:20 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Bandara Soekarno-Hatta meraih predikat sebagai salah satu bandara di dunia dengan rating tertinggi dalam penerapan protokol kesehatan Covid-19.

Melalui rilis yang diterima Kompas.com, Rabu (16/9/2020), PT Angkasa Pura II (Persero) menuliskan bahwa bandara Soekarno-Hatta juga mendapat penilaian paling tinggi dibandingkan dengan bandara lainnya di Indonesia.

Adapun penilaian tersebut berdasarkan evaluasi lembaga global Safe Travel Barometer yang memberikan rating Safe Travel Score hingga 4,09 bagi Bandara Soetta.

Sementara itu, rating tertinggi dalam penilaian adalah 5. Hingga kini belum ada bandara di dunia yang berhasil mendapat skor tersebut.

Baca juga: PSBB Jakarta, 5 Hal Ini Wajib Diperhatikan Penumpang Pesawat

Presiden Direktur PT Angkasa Pura II (Persero), Muhammad Awaluddin mengatakan, rating tertinggi bandara Soetta dalam penerapan protokol pencegahan penyebaran Covid-19 sejalan dengan komitmen dan kerja sama seluruh stakeholder.

Stakeholder yang dimaksud yakni Otoritas Bandara, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kementerian Kesehatan, maskapai, TNI/Polri, Balai Karantina, Kantor Imigrasi, Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 dan lainnya.

"(Tujuannya) adalah Bandara Soekarno-Hatta dapat tetap beroperasi sebagai pintu gerbang utama negara dan tetap menjaga konektivitas di Tanah Air meski kita kini tengah menghadapi tantangan berat dari pandemi COVID-19,” ujar Awaluddin.

Lanjutnya, komitmen menjalankan protokol secara ketat yang didukung dengan berbagai inovasi berbasis teknologi merupakan salah satu kunci bagi AP II agar bandara Soetta dapat selalu mengedepankan aspek kesehatan dan keamanan di tengah pandemi.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com