Suhu Dieng Minus 5 Derajat, Embun Es Muncul Lagi

Kompas.com - 17/09/2020, 08:05 WIB
Suhu di permukaan tanah Dataran Tinggi Dieng mencapai minus 5 derajat celsius pada Rabu (16/9/2020) pagi. Suhu dingin ini kembali memunculkan fenomena embun upas atau embun es. Dokumentasi Sri UtamiSuhu di permukaan tanah Dataran Tinggi Dieng mencapai minus 5 derajat celsius pada Rabu (16/9/2020) pagi. Suhu dingin ini kembali memunculkan fenomena embun upas atau embun es.


KOMPAS.com - Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah kembali membeku. Sebuah video viral di Instagram memperlihatkan kondisi rumput lapangan Candi Arjuna, Banjarnegara, Jawa Tengah itu ditumbuhi embun es atau lebih dikenal embun upas.

Video berdurasi 4 menit 16 detik itu diunggah oleh akun Instagram @pesonabanjarnegara. Perekam video memperlihatkan beberapa barang yang membeku akibat suhu dingin.

Kepala UPT Pengelolaan Obyek Wisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banjarnegara, Sri Utami mengonfirmasi kejadian ini terjadi Rabu (16/9/2020) pagi.

Baca juga: Embun Upas, Sensasi Menikmati Winter di Dieng

Ia menerangkan bahwa Dataran Tinggi Dieng sempat mencapai suhu minus 5 derajat celsius. Kondisi ini, kata dia, juga lebih dingin dari embun upas yang pernah terjadi Juli 2020 lalu.

"Lebih dingin mas, tadi turun sampai minus 5 derajat celsius di area kompleks Candi Arjuna, lapangan Pandawa dan meluas di area Dharmasala," kata Sri melalui pesan singkat kepada Kompas.com, Rabu (16/9/2020).

Lanjutnya, fenomena embun upas hari ini merupakan yang pertama terjadi pada bulan September.

"Baru muncul lagi di bulan September," ujarnya.

Fenomena embun es kembali terjadi di Dataran Tinggi Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah, Rabu (16/9/2020) pagi.Dokumentasi Sri Utami Fenomena embun es kembali terjadi di Dataran Tinggi Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah, Rabu (16/9/2020) pagi.

Wisatawan antusias melihat fenomena embun es

Sri mengungkapkan, fenomena embun es atau embun upas yang terjadi pada Rabu pagi begitu dinikmati wisatawan.

Fenomena embun es memang biasa dinantikan wisatawan ketika berkunjung ke Dieng periode bulan Juli dan Agustus.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X