Batu Karang Indah di Australia Bisa Dikunjungi Setelah Tutup Puluhan Tahun

Kompas.com - 17/09/2020, 09:29 WIB
Susunan batu karang bernama Heart Reef di Great Barrier Reef, Australia. dok. Tourism and Events QueenslandSusunan batu karang bernama Heart Reef di Great Barrier Reef, Australia.

KOMPAS.com – Batu karang bernama Heart Reef di Great Barrier Reef, Australia terkenal akan keindahannya yang bisa dilihat dari atas.

Jika sebelumnya Heart Reef hanya bisa dilihat saat terbang, kini wisatawan bisa berkunjung ke sana untuk berenang.

Kendati demikian, mengutip Lonely Planet, Senin (14/9/2020), wisatawan harus membayar terlebih dahulu.

Baca juga: Kasus Covid-19 Meningkat, Travel Bubble Australia-Selandia Baru Ditunda

Heart Reef, bagian terumbu karang yang timbul (bommie), memiliki diameter kurang dari 30 m dan terletak sekitar 60 km timur laut dari Pulau Hamilton.

Pulau Hamilton merupakan rumah dari kapal ponton mewah bernama Heart Island. Untuk menuju ke sana, enam wisatawan bisa menggunakan helikopter dalam satu waktu.

Susunan batu karang bernama Heart Reef di Great Barrier Reef, Australia.dok. Tourism and Events Queensland Susunan batu karang bernama Heart Reef di Great Barrier Reef, Australia.

Kapal ponton tersebut menyediakan akses ke sebuah area yang sempat tidak bisa dikunjungi selama bertahun-tahun.

Lokasinya yang berada di dekat Hardy Lagoon membuat kapal ponton Heart Island menjadi tempat yang tepat untuk meloncat ke area Heart Reef dan menjelajahinya, baik dari bawah laut maupun daratan.

Baca juga: Tips Wisata ke Blue Mountains Australia, Siapkan Mental

Liburan selama tiga jam dimulai dengan menaiki helikopter selama 30 menit yang berangkat dari Pulau Hamilton, dan mengudara di atas Whitsundays.

Hal ini membuat wisatawan bisa melihat Pantai Whiteheaven dan Hill Inlet sebelum tiba di tujuan akhirnya yaitu kapal ponton Heart Island.

Setibanya di sana, wisatawan hanya memiliki waktu 90 menit untuk berjalan-jalan. Meski diving dan snorkeling di Heart Reef tetap dilarang, wisatawan tetap bisa berjalan-jalan mengelilinginya.

Wisatawan bisa berenang dekat dengan susunan batu karang bernama Heart Reef di Great Barrier Reef, Australia.dok. Tourism and Events Queensland Wisatawan bisa berenang dekat dengan susunan batu karang bernama Heart Reef di Great Barrier Reef, Australia.

Hal tersebut karena sebuah perahu kecil berlantai kaca akan berkeliling di sekitar batu karang tersebut. Selain Heart Reef, wisatawan juga bisa melihat sejumlah karang lain yang menghiasi perairan bening tersebut.

Untuk perjalanan pulang, pilot akan melewati rute dengan pemandangan indah dan melewati Heart Reef untuk terakhir kalinya sebelum melanjutkan perjalanan melewati Pulau Whitsunday, jalur Pulau Hook, dan Hill Inlet.

Baca juga: Parade Penguin Terkecil di Dunia, Kunjungi Phillip Island Australia

Menikmati pengalaman di kapal ponton Heart Island hanya terbuka bagi wisatawan di Pulau Hamilton berusia di atas 14 tahun.

Biaya yang perlu dikeluarkan adalah 1.100 dolar AS per orang, setara dengan Rp 11.995.074. Pemesanan dimuka sangat direkomendasikan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X