Taman Goa Biru, Tempat Wisata Baru di Trenggalek

Kompas.com - 17/09/2020, 11:29 WIB
Taman Goa Biru, Trenggalek SURYA/AFLAHUL ABIDINTaman Goa Biru, Trenggalek

KOMPAS.com - Kabupaten Trenggalek punya tempat wisata baru yang menyuguhkan pemandangan menarik. 

Diberi nama Taman Goa Biru, tempat wisata ini diresmikan pada Selasa (15/9/2020). Lokasinya berada di Desa Sengon, Kecamatan Bendungan.

Dilansir dari Tribun Jatim, Taman Goa Biru berada di area hutan dengan kontur perbukitan batu karst, sehingga menawarkan pemandangan biru langit dan hijau hutan dari ketinggian.

Baca juga: Keindahan Alami Banyu Nget Trenggalek Menarik Ribuan Wisatawan

Disebut taman karena goa biru dikelilingi pepohonan rindang dengan luas area sekitar 2 hektar. Terdapat juga goa sedalam sekitar 30 meter di tempat rekreasi ini.

"Kami sebut 'biru' di namanya karena jika melihat pemandangan dari atas bukit saat pagi atau sore hari, itu kelihatan fenomena pemandangan yang berwarna biru," kata Kepala Desa Sengon Dwi Yulianto.

Dari atas Goa Biru yang tingginya sekitar 30 meter, pengunjung bisa melihat hamparan luas langit dan hutan-hutan sepanjang mata memandang.

Baca juga: Wisata Bukit Lawang Sumut, Lihat Orangutan hingga Masuk Goa Kelelawar

Dwi mengatakan, warga setempat bergotong royong membersihkan lahan dan menanam berbagai tumbuhan untuk memperindah tempat wisata itu.

Ia berencana menambahkan fasilitas secara bertahap. Adapun yang paling menonjol yakni rencana pembangunan waterpark menggunakan Dana Desa (DD) pada 2022.

"Untuk sementara waktu, yang bisa pengunjung nikmati adalah foto-foto sambil melihat pemandangan pagi dan sore hari," kata Dwi.

"Ke depan kami dan masyarakat ingin memoles agar Goa Biru menjadi wisata yang lebih menarik," ucapnya.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X