Estimasi Biaya Transportasi ke Bandung, Yogyakarta, dan Bali saat Pandemi

Kompas.com - 17/09/2020, 21:31 WIB
ILUSTRASI - Pelancong Dok. Biro Komunikasi Publik KemenparekrafILUSTRASI - Pelancong

KOMPAS.com - Aktivitas liburan menjadi dambaan kebanyakan orang yang sudah lelah beraktivitas sehari-hari, seperti bekerja, sekolah dan lainnya.

Namun, pandemi memaksa orang untuk beraktivitas dari rumah dan menunda rencana berwisata.

Meski demikian, sudah banyak pula orang yang kembali berwisata, mulai dari jarak dekat hingga jarak jauh seperti ke Bandung, Yogyakarta, dan Bali.

Baca juga: Cerita Wisatawan ke Bali, Menginap di Villa 9 Hari Cuma Bayar Rp 6,5 Juta

Adapun, saat pandemi seperti ini ada beberapa syarat atau dokumen perjalanan yang harus dilengkapi wisatawan.

Salah satunya adalah surat keterangan bebas Covid-19, bisa dengan rapid test atau pun swab test.

Hasilnya, biaya liburanmu akan sedikit bertambah untuk melakukan rapid test atau pun swab test. Lalu berapa total estimasi biaya berlibur di tengah pandemi?

Estimasi biaya transportasi ke Bandung saat pandemi

Jika kamu ingin berlibur staycation dari Jakarta, salah satu destinasi wisata yang paling dekat adalah Bandung.

Pemandangan sebagian area Jepang dan India yang terlihat dari jembatan dekat area Middle East di Great Asia Afrika, Bandung, Jumat (17/1/2020).kompas.com / Nabilla Ramadhian Pemandangan sebagian area Jepang dan India yang terlihat dari jembatan dekat area Middle East di Great Asia Afrika, Bandung, Jumat (17/1/2020).

Naik kereta api

Kamu bisa melakukan road trip atau perjalanan darat menggunakan moda transportasi kereta api.

Berdasarkan pantauan Kompas.com melalui aplikasi KAI Access, biaya tiket Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) Jakarta-Bandung ada beragam, mulai dari kelas ekonomi hingga eksekutif.

Baca juga: 12 Stasiun Kereta Api dengan Layanan Rapid Test, Harga Rp 85.000

Untuk tarif KAJJ kelas ekonomi, kamu bisa memesan tiket KA Argo Parahyangan seharga Rp 85.000, sedangkan kelas eksekutifnya dihargai Rp 120.000.

Ilustrasi Alun-alun Bandung. Dok. Shutterstock Ilustrasi Alun-alun Bandung.

Usai memesan tiket, kamu juga harus memiliki dokumen rapid test atau swab test. PT KAI (Persero) telah menyediakan layanan rapid test di stasiun dengan biaya Rp 85.000.

Usahakan rapid test dilakukan H-1 sebelum keberangkatan, agar mencegah terjadinya antrean saat hari H.

Dengan biaya tambahan layanan rapid test Rp 85.000 di stasiun, maka total biaya perjalanan liburanmu ke Bandung, paling murah yaitu Rp 170.000 untuk sekali jalan.

Baca juga: Berapa Biaya Naik Pesawat dan Tes Covid-19 Selama Pandemi?

Harga tersebut berasal dari tiket KA Argo Parahyangan kelas Ekonomi jurusan Stasiun Gambir-Stasiun Bandung Rp 85.000, dan biaya rapid test di stasiun Rp 85.000.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X