Sebelum Tutup karena PSBB Jakarta, Pulau di Kepulauan Seribu Ini Jadi Favorit Wisatawan

Kompas.com - 18/09/2020, 19:07 WIB

KOMPAS.com – Kepulauan Seribu resmi menyetop akses wisata ke seluruh pulaunya selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Jakarta jilid dua hingga waktu yang belum ditentukan.

Keputusan tersebut berdasarkan Pergub Nomor 88 Tahun 2020 Tentang Perubahan atas Pergub Nomor 33 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Provinsi DKI Jakarta.

Kepala Suku Dinas (Kasudin) Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kepulauan Seribu Puji Astuti mengatakan, sebelum pihaknya menutup seluruh kegiatan wisata, puluhan ribu wisatawan kerap berkunjung ke Kepulauan Seribu.

Baca juga: Libur Weekend, Yuk Coba Wisata ke Kepulauan Seribu

“Selama September-Selasa, kunjungan hampir 10.000. Kalau kunjungan selama Agustus mencapai 41.152 orang,” ujar dia kepada Kompas.com, Rabu (16/9/2020).

Kepulauan Seribu memang memiliki sejumlah pulau wisata yang digemari oleh wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara.

Adapun, beberapa pulau yang ada di sana adalah Pulau Tidung, Pulau Pari, Pulau Pramuka, Pulau Untung Jawa, Pulau Lancang, Pulau Kelapa, dan Pulau Sebira.

Ada juga Pulau Cipir, Pulau Kelor, dan Pulau Onrust yang terkenal akan wisata sejarah yang ditawarkan melalui bangunan dan barang-barang peninggalan masa kolonial Belanda.

Dermaga Pulau Semak DaunKOMPAS.com/Ni Putu Andrea Paramanada Dermaga Pulau Semak Daun

Saat new normal, Kepulauan Seribu sudah dibuka kembali untuk kegiatan pariwisata pada Sabtu (13/6/2020) dengan menerapkan sejumlah syarat yang harus dipatuhi wisatawan.

Pulau yang paling sering dikunjungi

Sejak saat itu hingga ditutup kembali, Puji mengatakan bahwa Pulau Untung Jawa jadi yang paling sering dikunjungi wisatawan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.