Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Tutup karena PSBB Jakarta, Pulau di Kepulauan Seribu Ini Jadi Favorit Wisatawan

Kompas.com - 18/09/2020, 19:07 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Kepulauan Seribu resmi menyetop akses wisata ke seluruh pulaunya selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Jakarta jilid dua hingga waktu yang belum ditentukan.

Keputusan tersebut berdasarkan Pergub Nomor 88 Tahun 2020 Tentang Perubahan atas Pergub Nomor 33 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Provinsi DKI Jakarta.

Kepala Suku Dinas (Kasudin) Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kepulauan Seribu Puji Astuti mengatakan, sebelum pihaknya menutup seluruh kegiatan wisata, puluhan ribu wisatawan kerap berkunjung ke Kepulauan Seribu.

Baca juga: Libur Weekend, Yuk Coba Wisata ke Kepulauan Seribu

“Selama September-Selasa, kunjungan hampir 10.000. Kalau kunjungan selama Agustus mencapai 41.152 orang,” ujar dia kepada Kompas.com, Rabu (16/9/2020).

Kepulauan Seribu memang memiliki sejumlah pulau wisata yang digemari oleh wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara.

Adapun, beberapa pulau yang ada di sana adalah Pulau Tidung, Pulau Pari, Pulau Pramuka, Pulau Untung Jawa, Pulau Lancang, Pulau Kelapa, dan Pulau Sebira.

Ada juga Pulau Cipir, Pulau Kelor, dan Pulau Onrust yang terkenal akan wisata sejarah yang ditawarkan melalui bangunan dan barang-barang peninggalan masa kolonial Belanda.

Dermaga Pulau Semak DaunKOMPAS.com/Ni Putu Andrea Paramanada Dermaga Pulau Semak Daun

Saat new normal, Kepulauan Seribu sudah dibuka kembali untuk kegiatan pariwisata pada Sabtu (13/6/2020) dengan menerapkan sejumlah syarat yang harus dipatuhi wisatawan.

Pulau yang paling sering dikunjungi

Sejak saat itu hingga ditutup kembali, Puji mengatakan bahwa Pulau Untung Jawa jadi yang paling sering dikunjungi wisatawan.

“Pulau Untung Jawa karena akses ada banyak untuk ke sana. Termasuk tiket pulang pergi Rp 50.000 dari Tanjung Pasir,” kata dia.

Baca juga: Wisata ke Pulau Semak Daun Kepulauan Seribu, Snorkeling hingga Camping

Selain Pantai Tanjung Pasir di Kecamatan Teluknaga, Tangerang, Banten, wisatawan juga bisa menuju ke Pulau Untung Jawa dari Pelabuhan Kali Adem di Jalan Dermaga, Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara.

Menurut Puji, pengunjung senang ke Pulau Untung Jawa karena pantainya. Tidak hanya itu, mereka juga bisa berenang dan foto-foto di spot foto yang telah disediakan.

“Kalau untuk berkemah, wisatawan senang ke Pulau Semak Daun dekat Pulau Pramuka,” imbuh dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com