7 Tempat Wisata Alam di Aceh, Cocok untuk Libur Akhir Pekan

Kompas.com - 19/09/2020, 08:08 WIB
Pulau Panjang di Aceh Singkil Sendy Aditya SaputraPulau Panjang di Aceh Singkil


KOMPAS.com - Aceh adalah provinsi yang terletak di ujung Utara Pulau Sumatera dan memiliki julukan Serambi Mekkah. 

Menyimpan banyak tempat wisata alam yang indah, Aceh patut dikunjungi. Mulai dari pulau, pantai, bukit, hingga air terjun, semua bisa dinikmati di Aceh.

Semua itu membuat banyak pilihan bagi wisatawan yang ingin menghabiskan liburan akhir pekan di Aceh.

Berikut 7 tempat wisata alam di Aceh yang Kompas.com rangkum, Jumat (18/9/2020):

1. Pantai Lhok Mee

Pantai berpasir putih ini terletak di Desa Lamreh, Masjid Raya, Aceh Besar, sekitar 35 kilometer (km) dari Banda Aceh.

Perpaduan antara bersihnya pasir dan birunya laut membuat banyak pasangan memilih pantai Lhok Mee sebagai lokasi pemotretan pranikah.

Panorama yang disuguhkan memburatkan suasana romantis. SERAMBINEWS.COM/NURUL HAYATI Panorama yang disuguhkan memburatkan suasana romantis.

Mereka yang hendak berkunjung, siapkan kamera terbaik untuk berfoto. Di pantai ini, terdapat spot menarik, yakni tumbuhan kayu tak berdaun di bibir pantai yang terendam air.

Baca juga: Tempat Wisata di Aceh Utara Mulai Buka, Suasana Mulai Ramai Lagi

Wisatawan juga bisa membawa anak kecil untuk bermain di pantai. Ombaknya yang tidak bergitu besar membuat mereka nyaman dan aman bermain di pinggir pantai. 

Fasilitas yang ditawarkan cukup beragam. Ada jembatan apung, warung makan dan minum, net untuk bermain voli, hingga pondok-pondok untuk bersantai. Harga tiket masuk adalah Rp 5.000 per kendaraan.

2. Danau Laut Tawar

Dengan luas 5.472 hektar, wisatawan bisa menikmati indahnya danau di atas Dataran Tinggi Gayo, Aceh Tengah ini.

Warga Desa Toweren, Kecamatan Laut Tawar, Kabupaten Aceh Tengah, sedang mengangkat jaring Ikan depik hasil tangkapannya, Rabu (17/7/2019). Ikan depik merupakan jenis ikan endemik Danau Laut Tawar yang biasa dijual oleh nelayan setempat kepada penampung seharga Rp 90 ribu - Rp 100 ribu per bambu, serta memiliki nilai sejarah dan dipercaya memiliki khasiat yang dapat menyembuhkan sejumlah penyakit.KOMPAS.com/RAJA UMAR Warga Desa Toweren, Kecamatan Laut Tawar, Kabupaten Aceh Tengah, sedang mengangkat jaring Ikan depik hasil tangkapannya, Rabu (17/7/2019). Ikan depik merupakan jenis ikan endemik Danau Laut Tawar yang biasa dijual oleh nelayan setempat kepada penampung seharga Rp 90 ribu - Rp 100 ribu per bambu, serta memiliki nilai sejarah dan dipercaya memiliki khasiat yang dapat menyembuhkan sejumlah penyakit.

Waktu tempuh untuk sampai ke Danau Laut Tawar adalah sekitar tujuh jam dari Banda Aceh. Memang cukup lama. Namun, perjalanan panjang akan terbayar semua sesampainya di sana.

Baca juga: Nongkrong Sore di Banda Aceh, Abraj Rooftop Lounge yang Instagramable

Wisatawan akan disuguhkan dengan panorama berupa berbukitan hijau dan sawah di sisi danau.

Pengunjung bisa berenang dan naik kapal keliling danau. Ada juga pondok-pondok yang bisa dijadikan tempat bersantai bersama keluarga sambil menghadap ke danau.

Adapun harga tiket masuk Danau Laut Tawar adalah Rp 5.000 per orang, belum termasuk biaya parkir.

 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X