Pendakian Gunung Sumbing via Butuh Kaliangkrik, Ini Estimasi Waktunya

Kompas.com - 19/09/2020, 15:03 WIB
Nepal van Java Dusun Butuh, Kaliangkrik, Magelang di Kaki Gunung Sumbing KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYANepal van Java Dusun Butuh, Kaliangkrik, Magelang di Kaki Gunung Sumbing

KOMPAS.com - Gunung Sumbing memiliki ketinggian 3.371 meter di atas permukaan laut (mdpl) dan dijuluki sebagai titik tertinggi kedua di Provinsi Jawa Tengah setelah Gunung Slamet.

Ada banyak jalur pendakian untuk sampai Puncak Gunung Sumbing, antara lain Garung, Capit Parakan, Butuh Kaliangkrik, Bowongso, dan Sipetung.

Dari sekian banyak jalur pendakian itu, ada satu yang kini diperbincangkan karena menawarkan suasana seperti berada di negara Nepal.

Jalur pendakian itu adalah via Dusun Butuh, Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Baca juga: Nepal van Java Dusun Butuh Magelang yang Unik Berlatar Gunung Sumbing

Dusun Butuh belakangan memang dikenal sebagai Nepal van Java karena keindahan pemandangan rumah penduduk seolah bertumpuk di lereng gunung, seperti di Nepal.

Jalur Butuh terkenal akan treknya yang cukup panjang dan tidak disarankan bagi pendaki pemula. Namun, jalur ini memiliki daya tarik pemandangan alam yang indah dan masih asri sepanjang pendakian.

Jalur ini juga dikenal memiliki waktu pendakian sampai puncak, yakni sekitar 6-8 jam. Berikut estimasi pendakian Gunung Sumbing via Butuh Kaliangkrik:

Basecamp-Pos 1: Sekitar 2 jam

Perjalanan dimulai dari basecamp Butuh menuju Pos 1. Para pendaki akan melewati medan berbatu yang tersusun rapi. Oleh karenanya, pendaki akan merasa seperti menaiki tangga.

Sepanjang perjalanan, pendaki akan disuguhkan dengan hamparan perkebunan milik warga. Ada pula lima sumber air yang dapat dimanfaatkan mengisi bekal air minum.

Basecamp Pendakian Gunung Sumbing via Butuh, Kaliangkrik, Magelang.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Basecamp Pendakian Gunung Sumbing via Butuh, Kaliangkrik, Magelang.

Sekitar 2 jam pendakian, kamu akan tiba di Pos 1 dengan penanda yakni berupa tiang pipa bertuliskan Camp 1.

Pendaki bisa menggunakan jasa ojek dari basecamp seharga Rp 20.000 yang bisa menghemat waktu perjalanan sekitar satu jam.

Baca juga: Wisata Nepal van Java Dusun Butuh, Jelajah Kampung hingga Petik Sayur

Pemandangan yang akan kamu temui di sana adalah tanah yang sedikit luas dan bisa menampung sekitar 3-4 tenda. Kamu juga bisa melihat hamparan bentang alam luas berwarna hijau menyegarkan mata.

Basecamp Butuh berada di ketinggian 1.722 mdpl, sedangkan Pos 1 berada di 2.127 mdpl.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X