Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Tempat Isolasi Pasien Covid-19, Hotel Ini Sudah Terapkan Protokol Kesehatan

Kompas.com - 19/09/2020, 21:31 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Makin meningkatnya kasus Covid-19 di Jakarta membuat sektor bahu membahu menurunkan kasus.

Salah satu sektor, yakni sektor perhotelan tengah menggencarkan bantuan dengan cara memberikan layanan tempat isolasi pasien Covid-19.

ibis budget Jakarta Daan Mogot adalah salah satu hotel yang sudah siap menyediakan layanan tempat isolasi pasien Covid-19 tanpa gejala.

Melalui rilis yang diterima Kompas.com, Sabtu (19/9/2020), hotel ini telah menerapkan standar keselamatan serta kebersihan ketat untuk memastikan keselamatan keamanan para tamu dan karyawan.

Baca juga: PHRI Berharap Pemerintah Kontrak Hotel Satu Gedung untuk Isolasi Pasien Covid-19

Chief Operating Officer, Accor Malaysia, Indonesia, Singapore and South Asia Garth Simmons mengatakan, sebagai bagian dari Accor, ibis budget Jakarta Daan Mogot berupaya untuk terlibat aktif dalam membatasi penyebaran Covid-19.

"Salah satu langkah konkret yang Accor lakukan adalah melalui penyediaan tempat isolasi bagi mereka yang terkonfirmasi COVID-19 tanpa gejala," kata dia dalam keterangannya, Jumat (18/9/2020).

Simmons melanjutkan, langkah itu sejalan dengan semangat grup untuk peduli kepada masyarakat luas demi kebaikan bersama dengan tetap mengedepankan keselamatan, keamanan, dan kesehatan tamu, serta karyawan dan mitra hotel.

Baca juga: Kemenparekraf Siapkan Hotel untuk Isolasi Pasien Covid-19 Tanpa Gejala

Adapun, pelayanan untuk isolasi pasien Covid-19 tanpa gejala di hotel ini sudah sesuai ketentuan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan bekerja sama dengan grup rumah sakit rekanan, salah satunya Mayapada Healthcare.

Kerja sama itu dalam hal penyediaan tenaga kesehatan yang secara berkala memeriksa kondisi dan perkembangan pasien. Selain itu, juga melakukan pengobatan yang tepat dengan standar operasional kesehatan layaknya di Rumah Sakit.

Ada label kebersihan ALLSAFE

Sebagai bagian dari Accor, ibis budget Jakarta Daan Mogot juga menerapkan ALLSAFE yakni label kebersihan dan pencegahan global Accor yang dibuat bersama Bureau Veritas dan otoritas medis di seluruh dunia.

ALLSAFE merupakan program komprehensif dari protokol kebersihan dan standar keselamatan yang ditingkatkan, didukung oleh kepatuhan terhadap hukum dan peraturan setempat.

Hal ini pula yang menjadikannya salah satu standar keamanan paling ketat di dunia perhotelan. Sebelumnya, ibis budget Jakarta Daan Mogot juga dipercaya melayani para tenaga kesehatan yang merawat pasien Covid-19.

Baca juga: PHRI Serahkan 27 Hotel di Jakarta untuk Tempat Isolasi Pasien Covid-19, Ini Daftarnya

"Kami siap melanjutkan dukungan dalam hal penyediaan tempat isolasi serta mengikuti pedoman resmi untuk melindungi segenap masyarakat," ujar Simmons.

Sementara itu, Group CEO Mayapada Healthcare Jonathan Tahir mengaku sangat mengapresiasi dukungan dari ibis budget Jakarta Daan Mogot sebagai mitra strategis dalam penyediaan tenaga kesehatan dan perawatan bagi pasien Covid-19 tanpa gejala.

"Kami juga telah melakukan peninjauan langsung secara ketat untuk memastikan hotel telah memenuhi kriteria standar kebersihan dan keamanan untuk penanganan kesehatan yang diharapkan," kata dia.

Jonathan berharap sinergi itu dapat membantu pemerintah dalam menangani dan mempercepat pemutusan mata rantai penyebaran COVID-19, terutama di DKI Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com