Tak Bisa ke Kantor Imigrasi karena Pandemi? Coba Layanan Eazy Passport

Kompas.com - 22/09/2020, 20:08 WIB
ILUSTRASI - Boarding pass, paspor, kartu imigrasi ShutterstockILUSTRASI - Boarding pass, paspor, kartu imigrasi

KOMPAS.com - Masyarakat yang masih ketakutan atau khawatir tertular Covid-19, kini tetap bisa membuat paspor tanpa perlu ke kantor Imigrasi.

Pasalnya, Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi memiliki layanan baru dalam pembuatan paspor melalui layanan Eazy Passport.

Layanan yang dikeluarkan Ditjen Imigrasi sejak Juli 2020 itu berupa pelayanan paspor di luar kantor Imigrasi dengan menggunakan mobil layanan paspor keliling.

Baca juga: Cara Bikin Paspor, Panduan Langkah dan Biaya Pembuatan

Kepala Bagian Humas dan Umum Ditjen Imigrasi Arvin Gumilang mengatakan, layanan Eazy Passport merupakan layanan jemput bola dari kantor Imigrasi ke masyarakat selama masa pandemi.

"Jadi, kami mendatangi pemohon di perkantoran, sekolah, kampus, maupun perumahan. Tujuannya adalah supaya pemohon dari berbagai wilayah tidak bertemu di kantor Imigrasi," kata Arvin saat dihubungi Kompas.com, Senin (21/9/2020).

Lanjutnya, pelayanan itu juga memiliki kelebihan, yaitu meminimalkan penyebaran Covid-19 karena masyarakat bertemu di tempatnya sendiri atau komunitas untuk membuat paspor.

Selain itu, Eazy Passport juga dilakukan pihak Imigrasi untuk mendekatkan diri kepada masyarakat pada masa pandemi.

Baca juga: Cara Mengurus Paspor Kolektif, Imigrasi Jemput Bola ke Kantor atau Perumahan

Masyarakat yang ingin membuat paspor secara kolektif atau secara berkelompok dapat mengajukan permohonan layanan Eazy Passport.

Meski membuat paspor dari rumah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, mulai dari panduan pengajuannya.

Mengutip laman resmi Ditjen Imigrasi, berikut cara mengajukan pelayanan Eazy Passport:

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X