Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unik, Watergong Klaten Punya Sungai Jernih Penuh Ikan Seperti di Jepang

Kompas.com - 23/09/2020, 17:05 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo membalas unggahan di Twitter tentang sungai atau saluran air yang penuh ikan, Senin (21/9/2020).

Dalam balasan itu, Ganjar mengutip akun Twitter @kabarklaten yang mengunggah tiga foto saluran air Watergong, salah satu rumah makan dan tempat wisata di Klaten.

“Ikan-ikan baru ada dua tahun lalu, tapi kalau Watergong sudah ada enam tahun lalu. Jenisnya ikan nila semua, baru dua minggu lalu ada ikan koi,” kata Pengelola Watergong Bagong Margono kepada Kompas.com, Selasa (22/9/2020).

Baca juga: Ganjar Pranowo: Travelers Rebahan Dulu...

Sungai itu memiliki panjang 100 meter dengan setiap petak memiliki panjang lebih kurang 20 meter dan lebar 5 meter.

Setiap satu petak, Bagong menaburkan satu ton bibit ikan yang dalam empat bulan kemudian akan menghasilkan 20 ton panen ikan.

Hidangan utama di Watergong adalah ikan, baik itu dalam bentuk dibakar, digoreng, atau difillet. Ada juga menu lain seperti pecel dan sayuran.

“Untuk hidangan restoran ngambil ikannya dari situ. Tapi karena terlalu banyak, kalau udah besar dijual,” kata Bagong.

Tangkapan layar unggahan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo membalas sebuah unggahan di Twitter terkait tempat wisata yang memiliki saluran air jernih penuh ikan seperti di Jepang.kompas.com / Nabilla Ramadhian Tangkapan layar unggahan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo membalas sebuah unggahan di Twitter terkait tempat wisata yang memiliki saluran air jernih penuh ikan seperti di Jepang.

Jika ingin menikmati ikan yang masih segar, pengunjung hanya perlu membayar mulai dari Rp 12.000 untuk satu ekor ikan yang dilengkapi nasi dan sejumlah hidangan pelengkap lainnya.

Sempat jadi tempat pembuangan sampah

Meski saat ini saluran air tersebut terlihat indah dan bersih, Bagong menceritakan bahwa dulu sungai tersebut sangat kotor.

Rasa cintanya terhadap lingkungan membuatnya semangat untuk membersihkan sungai penuh semak belukar yang dijadikan sebagai tempat pembuangan sampah.

“Waktu bersihin sungai, yang paling berat itu mengubah karakter masyarakat setempat untuk enggak buang sampah sembarangan,” kata Bagong.

Baca juga: Kampoeng Pecel, Wisata Baru untuk Kuliner dan Selfie di Klaten

Ia lalu berinisiatif untuk menaruh gerobak sampah di setiap gang perumahan agar masyarakat tidak membuang sampah ke sungai.

“Setelah sungai bersih, banyak orang datang. Semua sering mandi dan main di sungai,” ujar Bagong.

Mulai berubah jadi tempat wisata air

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com