Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/09/2020, 10:20 WIB
Nabilla Ramadhian,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi

 

KOMPAS.comPantai Lovina merupakan salah satu tempat wisata yang mungkin paling dikenal saat berbicara tentang Kabupaten Buleleng, Bali.

Kendati demikian, sama halnya dengan daerah lain di Pulau Dewata, Buleleng memilik sejumlah tempat wisata menarik yang sayang untuk dilewatkan.

Jika berencana untuk berlibur ke Bali dalam waktu dekat, jangan lupa untuk setidaknya mampir ke Buleleng selama tiga hari dua malam.

Baca juga: Pilihan 5 Penginapan Murah di Buleleng Bali, Harga Mulai Rp 250.000-an

Berikut rancangan perjalanan wisata ke Buleleng yang telah Kompas.com rangkum, Rabu (23/9/2020).

Hari pertama

  • Lihat lumba-lumba di Pantai Lovina

Pantai Lovina adalah tempat wisata di Bali Utara yang jaraknya hanya sekitar 9 km dari barat Singaraja. Tempat wisata ini terkenal akan atraksi lumba-lumbanya yang bisa dilihat mulai pukul enam pagi.

Selain itu, kamu juga bisa snorkeling atau diving di pantai yang memiliki pasir hitam dan ekosistem laut yang terjaga ini.

  • Sarapan di Warung Bambu Pemaron

Salah satu hidangan yang bisa dinikmati di Warung Bambu Pemaron, Buleleng, Bali.dok. Facebook Warung Bambu Pemaron Salah satu hidangan yang bisa dinikmati di Warung Bambu Pemaron, Buleleng, Bali.

Setelah main di pantai sejak pagi, jangan lupa untuk sarapan terlebih dahulu di Warung Bambu Pemaron sebelum melanjutkan perjalanan wisata.

Restoran ini berlokasi di Jalan Hotel Puri Bagus Pemaron, Kecamatan Buleleng. Jarak dari pantai hanya 5,8 km atau sekitar 11 menit menggunakan mobil.

Beberapa pilihan menu yang tersedia adalah kare ikan, cumi tepung, sup segar, nasi campur, gado-gado, ikan tuna, nasi goreng, banana fritters, dan banana split. Harga makanan dan minuman dibanderol mulai dari Rp 12.000.

  • Rekreasi di Krisna Adventures

Setelah perut kenyang, kini saatnya kamu bermain di Krisna Adventures. Lokasinya di Desa Sambangan, Kecamatan Sukasada. Letaknya tidak jauh dari Air Terjun Aling-aling.

Jarak tempuh dari restoran menuju tempat wisata adalah 8,3 km atau sekitar 18 menit menggunakan mobil. Sejumlah kegiatan wisata bisa dilakukan di sana.

Salah satu kegiatan wisata yang bisa dilakukan di Krisna Adventures, Buleleng, Bali.dok. Facebook Krisna Adventures Salah satu kegiatan wisata yang bisa dilakukan di Krisna Adventures, Buleleng, Bali.

Mulai dari bermain ATV di persawahan, main paint ball, naik flying fox sejauh 150 meter, hingga naik sky bike setinggi 120 meter.

Ada juga area gardu pandang dengan pemandangan sawah dan pegunungan yang ciamik.

  • Nikmati birunya Blue Lagoon

Setelah lelah berekreasi di Krisna Adventuress, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke Air Terjun Puncak Sari yang juga dikenal dengan Blue Lagoon.

Masih berada di desa yang sama, jarak tempuhnya hanya 11 km atau sekitar 25 menit menggunakan mobil. Air di sana memiliki warna biru yang terjadi secara alami.

Tempat wisata Blue Lagoon di Buleleng, Bali.SHUTTERSTOCK / Harun AbuBakar Tempat wisata Blue Lagoon di Buleleng, Bali.

Alhasil, “blue lagoon” pun disematkan sebagai nama tempat wisata tersebut. Kolam air tersebut berada di tengah hutan, tidak heran jika kolam dikelilingi pepohonan rindang.

Bagi yang belum mahir berenang, ada baiknya tidak ke bagian tengah kolam karena cukup dalam. Selain berenang, aktivitas lain yang bisa dilakukan adalah loncat dari atas air terjun mini.

  • Makan siang di Terrasse Du Lac

Sebelum melanjutkan perjalanan, ada baiknya santap siang dulu di Terrasse Du Lac, Jalan Danau Tamblingan, Desa Munduk, Kecamatan Banjar.

Baca juga: Pesona 3 Danau di Bali yang Terbentuk dari Letusan Gunung Lesung

Jarak dari Blue Lagoon adalah 28,3 km atau sekitar 50 menit menggunakan mobil. Sembari makan, kamu bisa menikmati pemandangan Danau Tamblingan yang indah.

Restoran Terrasse Du Lac di Buleleng, Bali.http://terrassedulac.com/ Restoran Terrasse Du Lac di Buleleng, Bali.

Hidangan makan siang disajikan mulai pukul 11 pagi. Beberapa di antaranya adalah beragam pilihan kari, sup, salad, dan pasta. Harga menu dimulai dari Rp 15.000.

  • Foto-foto di Wanagiri Hidden Hills

Tempat wisata selanjutnya adalah Wanagiri Hidden Hills di Jalan Munduk – Wanagiri, Dusun Asih Panji, Desa Wanagiri, Kecamatan Sukasada.

Jarak dari restoran adalah 4,7 km atau sekitar 8 menit menggunakan mobil. Tempat wisata kekinian tersebut patut dikunjungi oleh pecinta selfie.

Tempat wisata Wanagiri Hidden Hill di Buleleng, Bali.dok. Facebook Wanagiri Hidden Hill Tempat wisata Wanagiri Hidden Hill di Buleleng, Bali.

Pasalnya, di sana terdapat sejumlah spot Instagramable seperti spot bulat dari kayu dengan pemandangan Danau Buyan yang dikelilingi pegunungan. Ada juga ayunan dan sangkar burung.

  • Jelajah danau kembar Danau Buyan dan Tamblingan

Danau Buyan dan Danau Tamblingan terletak tidak jauh dari Wanagiri Hidden Hills. Jaraknya hanya 1,5 km ke Danau Buyan, dan 7,7 km ke Danau Tamblingan.

Kedua danau bisa dikunjungi dalam satu waktu karena jaraknya berdekatan. Di Danau Buyan, kamu bisa foto-foto di pinggir danau atau trekking menyusuri hutan dan perbukitan.

Pemandangan Danau Buyan dan Danau Tamblingan di Buleleng, Bali.SHUTTERSTOCK / Valentin Ayupov Pemandangan Danau Buyan dan Danau Tamblingan di Buleleng, Bali.

Sementara di Danau Tamblingan, selain foto-foto dengan latar belakang pepohonan yang rimbun, kamu juga bisa mengelilingi danau dengan sampan atau berkunjung ke sejumlah pura di area danau.

  • Menginap di Taman Sari Bali Resort & Spa

Setelah menghabiskan waktu seharian mengelilingi sebagian area Buleleng, kamu bisa langsung menuju Taman Sari Bali Resort & Spa di Pemuteran, Kecamatan Gerokgak.

Jarak dari area danau kembar adalah 62,3 km atau sekitar 1 jam 40 menit menggunakan mobil. Penginapan tersebut memiliki sejumlah pilihan kamar.

Baca juga: Penginapan di Pemuteran Kerap Penuh, Turis Sampai Tidur di Pantai

Beberapa di antaranya adalah Studio, Junior Suite, Suite Ocean View, dan Family Suite. Untuk Studio, harga dibanderol mulai dari Rp 2.160.000 untuk dua malam dan dua tamu.

Salah satu kamar di penginapan Taman Sari Bali Resort & Spa, Buleleng, Bali.https://tamansaribali.com/ Salah satu kamar di penginapan Taman Sari Bali Resort & Spa, Buleleng, Bali.

Fasilitas yang ditawarkan adalah AC, televisi, Wi-Fi, laundry, pengering rambut, layanan kamar, dan alat pembuat kopi atau teh.

Sementara fasilitas dan layanan penginapan yang tersedia adalah restoran, kolam renang dengan pemandangan pantai, bar, spa, kelas memasak, tur keliling pura, dan trekking di Taman Nasional Bali Barat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com