17 Oleh-oleh Kekinian Khas Bali, Apa Saja?

Kompas.com - 24/09/2020, 14:05 WIB
Ilustrasi Bali - Desa Penglipuran di Kabupaten Bangli, Bali. SHUTTERSTOCK / GODILAIlustrasi Bali - Desa Penglipuran di Kabupaten Bangli, Bali.

KOMPAS.com – Saat berkunjung ke suatu destinasi wisata, satu hal yang tidak pernah luput dari benak wisatawan adalah belanja oleh-oleh.

Mulai dari pakaian hingga makanan, oleh-oleh yang dapat mengingatkan wisatawan dengan destinasi wisata tersebut pasti dibeli. Apalagi, jika destinasi tersebut memberi kesan tersendiri seperti Bali.

Baca juga: Itinerary 2 Hari 1 Malam di Bangli Bali, Ada Bukit Mende yang Eksotis

Ketua Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Bali I Nyoman Nuarta menuturkan, terdapat kesamaan antara wisatawan yang membeli oleh-oleh saat berkunjung ke Bali.

"Kalau tamu Jepang senang beli oleh-oleh di pasar, sama kayak tamu domestik. Ada di Krisna, Pasar Kumbasari, dan Pasar Sukawati,” kata Nyoman kepada Kompas.com, Senin (21/9/2020).

Seorang pedagang di Pasar Seni Kumbasari, Bali.SHUTTERSTOCK / CatwalkPhotos Seorang pedagang di Pasar Seni Kumbasari, Bali.

Meski tempat pembelian oleh-olehnya sama, tetapi barang-barang yang dibeli berbeda.

Wisatawan asal Jepang, misalnya, lebih gemar membeli patung kucing. Sementara untuk makanan, mereka lebih senang beli kacang-kacangan dan kerupuk.

“Kalau wisatawan domestik (sering) beli pie susu,” tutur Nyoman.

Adapun bagi wisatawan mana pun yang ingin beli arak Bali, mereka biasanya pergi ke supermarket. Untuk pie susu, sejumlah toko oleh-oleh di Kuta dan Jimbaran sudah menyediakannya.

Lantas, apa saja oleh-oleh kekinian yang dapat dibeli oleh wisatawan saat berkunjung ke Pulau Dewata?

1. Pia Kukus

Pia kukus sempat viral pada akhir 2019 karena memiliki ukuran besar dengan isi yang cukup banyak, tetapi memiliki harga terjangkau.

Baca juga: 7 Tempat Wisata di Gianyar Bali, Bisa Foto dengan Akar Raksasa

Ilustrasi pie susu.SHUTTERSTOCK / uthemuh Ilustrasi pie susu.

Pia Kukus Made Bali merupakan toko pertama yang menjual makanan tersebut. Oleh-oleh kekinian ini bisa didapatkan di outlet resminya di Mall Bali Galeria, Jalan Bypass Ngurah Rai, Kuta.

Selain itu, pia kukus juga bisa dibeli di Krisna Oleh Oleh Bali, Agung Bali Oleh Oleh Khas Bali, dan The Keranjang.

2. Pie Susu

Pie susu merupakan salah satu oleh-oleh yang wajib dibeli saat berada di Bali. Sejumlah merek menawarkan makanan ini dengan berbagai varian, termasuk cokelat.

Baca juga: Itinerary Seharian di Ubud Bali, Bisa ke Bukit dan Pura

Beberapa pie susu terkenal yang bisa dibeli di toko oleh-oleh adalah Pie Susu Sari, Pie Susu Bli Man, dan Pie Susu Bali.

3. Cokelat

Beberapa waktu belakangan, cokelat produksi lokal tengah naik daun dalam pembelian oleh-oleh khas Bali. Salah satu cokelat yang bisa dibeli saat berada di sana adalah Heavenly Chocolate Bali.

Varian rasa cokelatnya beragam dan dibagi dalam kategori alkohol dan non-alkohol. Untuk kategori alkohol, kamu bisa coba rasa Rum dan Baileys.

Sementara untuk kategori non-alkohol, beberapa rasa yang tersedia adalah Dark, Matcha, Milk Caramel, dan Taro.

Heavenly Chocolate Bali, salah satu oleh-oleh kekinian khas Bali.dok. Instagram @heavenlychocolatebali Heavenly Chocolate Bali, salah satu oleh-oleh kekinian khas Bali.

Namun untuk pembelian, wisatawan baru bisa membelinya melalui Instagram. Ada baiknya melakukan pemesanan beberapa hari sebelum meninggalkan Bali.

Selain Heavenly Chocolate Bali, ada juga Pod Chocolate yang bisa dibeli di Pod Factory di Mengwi, Pod Origin di Petang, atau Sanur Shop & Cafe di Sanur.

Sejumlah toko oleh-oleh di Bali juga menjual berbagai macam cokelat dari beberapa merek yang menawarkan varian rasa yang tidak kalah uniknya dan lezat.

4. Kacang Disco

Ilustrasi kacang.SHUTTERSTOCK / Krzysztof Slusarczyk Ilustrasi kacang.

Kacang disco merupakan salah satu camilan yang cocok untuk dijadikan kudapan saat menonton film. Makanan ini dijual di toko oleh-oleh dan mudah dicari.

Berbagai rasa bisa ditemukan saat belanja kacang disco. Mulai dari pedas, keju, hingga campuran pedas manis.

Jika ingin mencicipi kacang disco dengan rasa yang cukup unik, kamu bisa beli Kacang Disco Rajawali yang menawarkan rasa soto ayam, udang, rumput laut, dan ayam taliwang.

Baca juga: 5 Penginapan Murah di Nusa Penida Bali, Harga Mulai dari Rp 300.000-an

5. Pia Legong

Pia Legong merupakan oleh-oleh khas Bali yang terbilang eksklusif. Sebab, kamu hanya bisa menemukannya di toko Pia Legong, Ruko Kuta Megah No. 15, Jalan Bypass Ngurah Rai.

Makanan khas Bali ini diproses secara tradisional tanpa bantuan mesin. Kendati demikian, rasanya tidak kalah lezat dari makanan yang diproses dengan mesin.

Beberapa rasa yang dapat dipilih adalah keju, cokelat, dan kacang hijau. Sebelum berkunjung, ada baiknya menghubungi toko agar kamu tidak perlu antre atau kehabisan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X