Saudi Airlines Buka Lagi Penerbangan Jakarta-Jeddah, Bukan untuk Umrah

Kompas.com - 24/09/2020, 15:00 WIB
Ilustrasi pesawat Saudi Airlines. SHUTTERSTOCKIlustrasi pesawat Saudi Airlines.

KOMPAS.com - Saudi Airlines membuka kembali penerbangan rute pulang pergi (PP) Jakarta-Jeddah mulai tanggal 30 September 2020.

Rute ini sempat ditangguhkan sejak bulan April 2020 karena pandemi Covid-19. Penangguhan penerbangan dilakukan dengan alasan pemberlakuan lockdown oleh pemerintah Kerajaan Saudi Arabia untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.

Baca juga: Setelah Umrah, Nikmati Sejuknya Pegunungan Al-Hada

Dalam keterangan yang diterima Kompas.com, rute Jakarta-Jeddah akan beroperasi sebanyak tiga kali dalam seminggu.

 

Berikut jadwal lengkapnya.

- Penerbangan dengan nomor SV 816 akan terbang dari Jeddah pada pukul 17.00 dan tiba di Jakarta pada pukul 09.00. Penerbangan ini beroperasi pada hari Minggu, Selasa, dan Jum’at.

- Penerbangan dengan nomor SV 817 akan terbang dari Jakarta pada pukul 11.00 dan tiba di Jeddah pada pukul 16.15. Penerbangan ini tersedia pada hari Senin, Rabu, dan Sabtu.

Baca juga: New Normal Umrah, Seperti Apa Itu?

Prosedur penerbangan dilakukan dengan menerapkan prosedur protokol kesehatan dan social distancing dengan tujuan meminimalisir rantai penyebaran virus COVID-19.

Protokol kesehatan akan dilakukan baik pada saat penumpang berada di bandara dan saat memasuki pesawat.

Perlu dicatat, penerbangan ini dikhususkan kepada para penumpang yang merupakan warga negara Saudi Arabia dan warga negara asing dengan visa yang masih berlaku (keluar/masuk, tinggal atau Iqamah, dan kunjungan).

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Arab Saudi, Dune Bashing sampai Menyelam di Laut Merah

Untuk penerbangan dengan tujuan umrah dan kunjungan sendiri diharapkan bisa mulai dilaksanakan pada awal tahun 2021.

Adapun salah satu persyaratan penting yang harus dilakukan oleh calon penumpang adalah membawa surat hasil tes PCR yang dilakukan di Rumah Sakit manapun dengan hasil negatif atau non-reaktif.

Hasil tes PCR ini berlaku setidaknya selama 48 jam sebelum ketibaan penumpang untuk masuk ke wilayah Kerajaan Saudi Arabia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X