Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Liburan ke Desa Wisata Pentingsari, Ini 8 Aktivitas Menariknya

Kompas.com - 25/09/2020, 15:30 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Desa Wisata Pentingsari terletak di Umbulharjo, Cangkringan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Desa ini dikenal sebagai desa wisata dengan segudang penghargaan.

Desa yang mengandalkan aktivitas sehari-hari warganya ini telah mendapat beberapa penghargaan baik Indonesia maupun mancanegara.

Penghargaan itu mulai dari Indonesia Suistainable Tourism Awards (ISTA) 2017 dalam kategori ekonomi hingga 100 Top destinasi pariwisata berkelanjutan di dunia versi Global Green Destinations Days (GGDD) 2019.

Menurut Marketing dan PIC Kegiatan Desa Wisata Pentingsari Bayu Hindra Wijaya, Desa Wisata Pentingsari memiliki daya tarik berupa pemandangan alam yang masih asri berpadu dengan keramahtamahan warganya.

Baca juga: Desa Wisata Pentingsari, Desa Wisata Indonesia yang Mendunia

"Kami berada di 11 kilometer dari puncak Gunung Merapi. Suasananya alam yang masih asri serta terdapat berbagai macam tumbuhan dan ramah-tamah penduduk ini-lah yang paling utama menjadi daya tarik," kata dia saat dihubungi Kompas.com, Jumat (25/9/2020).

Bayu melajutkan, ada banyak kegiatan wisata yang bisa dilakukan di Desa Wisata Pentingsari, yakni:

1. Aktivitas outbound

Hal pertama yang ditawarkan Desa Wisata Pentingsari adalah wisata outbound. Para wisatawan bisa melakukan aktivitas outbound di alam terbuka khas pedesaan.

Seperti kegiatan outbound lainnya, peserta pun tidak hanya satu orang. Peserta kegiatan ini akan diajarkan untuk berlatih kepemimpinan dan manajemen di alam terbuka dengan pendekatan yang unik dan sederhana.

Pengunjung tengah berkegiatan outbound di Desa Wisata Pentingsari.Dokumentasi Desa Wisata Pentingsari Pengunjung tengah berkegiatan outbound di Desa Wisata Pentingsari.

Dengan berkegiatan outbound, harapannya wisatawan bisa menjadikan alam sebagai obyek pendidikan dan menjadi laboratorium sesungguhnya sekaligus tempat bermain.

Kegiatan outbound di desa ini semuanya dilakukan di alam terbuka, mulai dari lapangan desa hingga di sungai.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com