Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pulau Bair di Maluku Tenggara, Pulau Kosong dengan Alam yang Menakjubkan

Kompas.com - 26/09/2020, 11:31 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Kepulauan Kei di Maluku Tenggara memiliki sejuta pesona alam yang sayang untuk dilewatkan, salah satunya adalah Pulau Bair yang juga disebut dengan Pulau Baer.

Salah satu destinasi wisata unggulan di Nuhu Evav ini merupakan pulau tak berpenghuni. Kata bair yang memiliki arti tidak terlihat pun disematkan sebagai nama pulau tersebut.

Pulau Bair digadang-gadang mirip Piaynemo di Raja Ampat. Pasalnya, pemandangan yang ditawarkan sama-sama menakjubkan.

Baca juga: Wisata Kepulauan Kei Maluku Tenggara, Ada Hukum Adat dan Pantai Indah

Meski tak memiliki banyak perbukitan, pulau yang dikelilingi bukit karang dan air laut berwarna hijau kebiruan itu tetap menawan.

Berikut ini adalah aktivitas yang bisa dilakukan di Pulau Bair, Maluku Tenggara:

1. Berenang dan menyelam

Surga tersembunyi ini masih alami. Air lautnya yang jernih dapat membuat wisatawan melihat kehidupan bawah air dengan mudah.

Godaan untuk berenang, snorkeling, atau diving mungkin akan sulit dilawan. Kapan lagi kesempatan untuk menjelajahi perairan Pulau Bair akan datang?

Sejumlah terumbu karang menghiasi spot menyelam. Untuk menjaga keindahannya, kayuhan fin jangan terlalu kencang agar tidak merusak terumbu karang.

Wisatawan saat berkunjung ke Pulau Baer, Kepulauan Kei, Jumat (16/3/2018). Pulau Baer berada di utara pulau Kei Kecil dan dapat dicapai menggunakan perahu cepat.KOMPAS.com/RODERICK ADRIAN MOZES Wisatawan saat berkunjung ke Pulau Baer, Kepulauan Kei, Jumat (16/3/2018). Pulau Baer berada di utara pulau Kei Kecil dan dapat dicapai menggunakan perahu cepat.

Ingin menguji adrenalin? Di sana terdapat sebuah tebing setinggi 20 meter yang bisa dimanfaatkan untuk meloncat ke dalam air.

Maret–Agustus merupakan bulan-bulan yang tepat untuk mengunjungi Pulau Bair karena gelombang ombaknya cukup kecil dan riak air lebih tenang dari biasa.

2. Cuci mata dari atas bukit

Bagi yang kurang mahir dalam berenang atau menyelam, mereka bisa menjelajahi teluk sambil menikmati megahnya sejumlah tebing di sana. Namun, wisatawan harus hati-hati lantaran tebingnya terjal.

Baca juga: Pulau Baer, Raja Ampat-nya Kota Tual

Kendati keindahan Pulau Bair dapat disaksikan dari bawah, wisatawan bisa naik ke puncak bukit karang untuk menikmati pemandangan dari ketinggian.

Semilir angin yang menemani akan membuat pengalaman memanjakan mata dengan panorama Pulau Bair menjadi lebih menarik. Namun, pengunjung harus berhati-hati saat naik ke bukit karang tersebut.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com