Video Viral Turis Asing Lompati Pagar Batas Kawah Bromo, Ini Tanggapan TNBTS

Kompas.com - 26/09/2020, 13:10 WIB
Wisatawan melintas di bibir kaldera Gunung Bromo, Probolinggo, Jawa Timur, Sabtu (4/11/2017). Pada hari libur kawasan wisata Gunung Bromo ramai dikunjungi wisatawan domestik dan manca negara.  KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMOWisatawan melintas di bibir kaldera Gunung Bromo, Probolinggo, Jawa Timur, Sabtu (4/11/2017). Pada hari libur kawasan wisata Gunung Bromo ramai dikunjungi wisatawan domestik dan manca negara.

KOMPAS.com - Viral di media sosial Instagram, seorang perempuan wisatawan mancanegara (wisman) terlihat berada di luar pagar batas kawah Gunung Bromo.

Video aksi wisman itu viral setelah diunggah dalam akun Instagram @anyuta_rai. Tampak dalam video, seorang perempuan nekat keluar pagar batas kawah Gunung Bromo.

Dalam waktu bersamaan, ada satu orang pria yang memegang sebuah kamera. Tampaknya, keperluan perempuan dan pria tersebut adalah untuk fotografi.

Baca juga: Pendakian Gunung Semeru Dibuka 1 Oktober 2020, Perhatikan 14 Poin Ini

Kompas.com mencoba mengonfirmasi langsung kejadian itu kepada Kepala Sub-Bagian Data Evaluasi Pelaporan dan Humas pada Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Sarif Hidayat, Jumat (25/9/2020).

Menurut dia, Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BBTNBTS) mengaku kecewa atas kejadian tersebut dan menyesalkannya.

"Kami tentunya kecewa dan sangat menyesalkan dengan perilaku pengunjung yang masih tidak menaati ketentuan, informasi, imbauan, atau arahan dalam berwisata di TNBTS," kata Sarif.

Baca juga: Panduan Cara Booking Online Tiket Wisata Bromo

Lebih lanjut, pihaknya mengaku mengetahui kejadian tersebut setelah video wisman itu viral di media sosial. Setelah viral, kata dia, BBTNBTS langsung menanyakan kejadian tersebut pada petugas jaga.

Berdasarkan keterangan Kepala Seksi 1, Sarif menjelaskan bahwa kejadian berlangsung pada saat rotasi atau pergeseran petugas ke Savana Teletubbies untuk memantau (patroli) kawasan lainnya.

Turis asing itu berkunjung ke TNBTS pada Senin (21/9/2020) dan diperkirakan kejadian video tersebut pada siang hari.

Sudah diperingatkan

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X