BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Olivoila

Viral #Foodperience di Instagram, Ini Cara Netizen Obati Kangen Liburan Saat Pandemi

Kompas.com - 26/09/2020, 13:26 WIB
Mengunggah foto ?halu? yang membuat mereka seakan-akan sedang berlibur dan berwisata kuliner jadi cara netizen obati kangen liburan. ShutterstockMengunggah foto ?halu? yang membuat mereka seakan-akan sedang berlibur dan berwisata kuliner jadi cara netizen obati kangen liburan.
|

KOMPAS.comPandemi Covid-19 menjadi mimpi buruk bagi para traveller. Akibat pandemi, resolusi traveling terpaksa harus disimpan dulu. Niat menikmati pengalaman seru hingga berkuliner di destinasi impian pun harus diurungkan.

Harapan untuk dapat berlibur dan berwisata kuliner, meski hanya di dalam negeri, juga kandas karena saat ini Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) kembali diberlakukan di Jakarta.

Ke depan, bukan tidak mungkin opsi tersebut dipilih oleh pemerintah daerah lain sehingga akses untuk mengunjungi destinasi-destinasi wisata di dalam negeri pun kembali dibatasi.

Akhirnya, untuk menghalau rasa penat akibat tidak dapat berlibur dan kangen berwisata kuliner, netizen melakukan hal unik dengan menjadikan tagar #Foodperience viral.

Para netizen mengunggah foto “halu” di media sosial yang membuat mereka seakan-akan sedang berlibur dan berwisata kuliner. Padahal, foto yang diunggah sebenarnya adalah foto liburan dan berwisata kuliner di masa lampau.

Baca juga: Bakal Seperti Apa Traveling Usai Pandemi?

Mereka menuliskan caption yang mengungkapkan perasaan kangen berlibur dan berkuliner dengan menyertakan tagar tersebut.

Misalnya saja seperti yang dilakukan pemilik akun Instagram @intan.kartikaa_, Intan Kartika. Ia mengunggah foto saat menikmati pasta di salah satu restoran ternama di Bali.

“Ini foto pas semuanya masih normal tanpa miss corona di El Passo Bali, yummy banget pasta di sana huhu,” ujarnya pada caption foto. Kemudian, ia membubuhkan tagar #Foodperience.

Traveler sekaligus fotografer Putri Anindya pun ikut serta menjadikan tagar tersebut viral. Rabu (16/9/2020) lalu, ia mengunggah foto liburannya di Positano, Italia ke Instagram dan mengungkapkan kerinduan menikmati makanan khasnya yaitu spaghetti alle vongole.

“Saya merindukan saat-saat ketika bisa bepergian dan merasakan makanan otentik,” ujarnya pada caption yang diakhiri dengan tagar #Foodperience di akun Instagramnya @puanindya.

Baca juga: Perlunya Kerja Sama Antar Negara Agar Dunia Kembali Traveling

Unggahan itu juga menunjukkan bahwa saking kangennya, ia sampai memasak hidangan khas negeri penghasil minyak zaitun tersebut di rumah.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Dreaming of Italy// This is a picture of myself that taken at Positano, Italy. @capra311 captured the mood perfectly as I was astounded by the view of the place. This photo recalls my memory of having one of the best Italian food there. The circumstances of having to stay home made me cook my fav Aglio Olio with mushroom, with the help of extra virgin olive oil from @Olivoila_id to give the Mediterranean taste without having to fly to Europe. I miss those times that i took for granted when I was able to travel and experience the authentic food. So, what about you? Kamu ada pengalaman kuliner yang paling ngangenin gak? Let me know ya! Upload your traveling or culinary trip photos with #Foodperience #Olivoila #HealthyFoodHealthyMood hashtag so I can see your photos :) Don’t forget to tag @olivoila_id on it ?

A post shared by Putri Anindya (@puanindya) on Sep 15, 2020 at 5:00am PDT

Meski “halu”, aksi netizen menjadikan tagar #Foodperience viral ternyata merupakan hal yang positif. Mengunggah foto nostalgia, seperti yang dilakukan netizen menggunakan tagar tersebut, bermanfaat untuk kesehatan mental selama masa karantina. Berikut penjelasannya.

1. Menimbulkan rasa bahagia

Ketika melihat foto-foto lama, mood seketika menjadi lebih positif dan hati merasa tenteram. Seringkali senyum pun merekah tanpa Anda sadari.

Pakar psikologi dari Beacon College AJ Marsden mengatakan bahwa reaksi tersebut muncul karena bernostalgia ke momen-momen menyenangkan merangsang otak untuk memproduksi hormon serotonin dan dopamin.

“Dua hormon tersebut adalah pemicu rasa bahagia dan puas. Keduanya memberikan energi positif dan mengubah perasaan hati menjadi luar biasa baik,” jelas Marsden seperti dikutip dari The Washington Post.

Baca juga: Survei: Mayoritas Orang Indonesia Bakal Traveling Saat New Normal Berlaku

2. Mengajarkan bersyukur

Bernostalgia dengan mem-posting foto-foto liburan yang sudah lampau juga mengajari Anda sense of gratitude atau rasa syukur.

Anda akan dibuat tersadar bahwa ternyata begitu banyak momen indah yang sudah dilalui, makanan lezat yang memanjakan lidah, dan suka-duka saat traveling.

Menurut studi yang dilakukan oleh psikolog asal University of California, Dr Robert A Emmons, sense of gratitude ini meningkatkan optimisme dalam menjalani kehidupan.

Jadi, posting foto nostalgia liburan dan menikmati kuliner lokal akan membuat energi Anda terisi kembali dan semangat menjalani hari.

3. Menyebarkan energi positif

Penelitian oleh Shelly L Gable dan Harry T Reis pada 2010 di Amerika Serikat menemukan bahwa berbagi pengalaman yang menyenangkan seperti posting foto liburan dan wisata kuliner ternyata memberi efek mood booster bagi diri sendiri dan sesama.

Oleh sebab itu, aksi sederhana seperti yang dilakukan Puan Nindya, yaitu berbagi pengalaman positif lewat tagar #Foodperience, dapat Anda tiru.

Tagar #Foodperience yang sedang viral tersebut sebenarnya digagas oleh Olivoila, extra virgin olive oil (EVOO) dari Italia.

Baca juga: Liburan Ditunda, Saatnya Rapikan Foto-foto Traveling

Olivoila menggagas tagar tersebut karena peduli dengan apa yang dialami sebagian besar masyarakat saat ini.

Pada masa pandemi seperti sekarang, traveling tidak dapat dilakukan seperti biasa dan masifnya berita soal pandemi menimbulkan rasa takut berlebihan.

Kampanye #Foodperience dilakukan Olivoila untuk menyebarkan energi positif di tengah masyarakat Indonesia dengan cara sederhana, yaitu mengunggah foto liburan atau wisata kuliner di Instagram.

Olivoila percaya bahwa makanan sehat bisa meningkatkan imun tubuh sekaligus membuat mood menjadi bahagia.

Tunggu apalagi? Kunjungi Instagram Olivoila, unggah foto #Foodperience Anda dan raih kesempatan untuk mendapatkan hadiah menarik senilai jutaan rupiah. Sembari bernostalgia, Anda dapat menyebarkan mood bahagia.

 


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya