Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Pendaki Gunung Prau via Igirmranak: Lewat Terowongan Unik

Kompas.com - 26/09/2020, 15:31 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gunung Prau memiliki banyak jalur pendakian yang tersebar di Kabupaten Wonosobo, Temanggung, dan Kabupaten Banjarnegara.

Para pendaki bisa sampai ke puncak gunung berketinggian 2.565 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu dengan memilih jalur pendakian, di antaranya melalui basecamp Patakbanteng, Kalilembu, Igirmranak, Dieng, Dwarawati, dan Wates.

Baca juga: Pendakian Gunung Prau via Igirmranak Dibuka, Catat Syaratnya

Salah satu jalur pendakian baru, yang dibuka sekitar 2015 adalah Igirmranak. Jalur yang terletak di Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah ini memiliki beragam keunikan yang tak dimiliki jalur lain.

Cerita pendaki yang sudah mengalami naik Gunung Prau melalui Igirmranak datang dari Adi Permana.

Pendaki asal Bandung itu menceritakan pengalamannya ketika naik gunung di Jawa Tengah untuk yang pertama kalinya, yaitu di Gunung Prau.

Terowongan Kemin di jalur pendakian Gunung Prau via Igirmranak, Wonosobo, Jawa Tengah.Dokumentasi basecamp Igirmranak Terowongan Kemin di jalur pendakian Gunung Prau via Igirmranak, Wonosobo, Jawa Tengah.

Banyak kesan yang ia dapatkan ketika mendaki Gunung Prau via Igirmranak. Salah satunya yang paling berkesan dan unik baginya adalah saat lewat terowongan unik, yakni Terowongan Kemin.

"Yang menarik itu ada Terowongan Kemin. Terowongan itu bentuknya kayak bambu. Dia melingkar di atas jalur. Jadi bentuknya semacam terowongan gitu dan itu lumayan panjang," kata Adi saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (26/9/2020).

Pengalamannya melihat terowongan unik itu dia bagikan juga di blognya adipermana.com. Dirinya pun menduga bahwa terowongan itu dulunya tidak ada.

Karena menutupi jalur, kemungkinan petugas basecamp memangkas bambu yang menutupi jalur itu dan dibuat melengkung seperti halnya memasuki terowongan.

Baca juga: Semua Jalur Pendakian Gunung Prau Kini Tanpa Rapid Test

Adi mengatakan, pendaki akan merasakan keteduhan ketika melewati terowongan ini pada siang hari.

"Kalau siang hari, itu sangat teduh banget. Bagus juga buat spot foto-foto. Ini mirip di Gunung Kerinci kalau tidak salah," ujar dia.

Selain memiliki keunikan dan membuat para pendaki merasa teduh, terowongan ini juga berkesan bagi pendaki.

Kesan itu didapatkan karena ada sumber mata air di dekat terowongan. Mendaki lewat Igirmranak memang memiliki sumber mata air hingga Pos 2.

Terowongan Kemin, terowongan bambu yang akan dilewati pendaki Gunung Prau via Igirmranak, Wonosobo.Dokumentasi basecamp Igirmranak Terowongan Kemin, terowongan bambu yang akan dilewati pendaki Gunung Prau via Igirmranak, Wonosobo.

Banyaknya sumber mata air di jalur pendakian Gunung Prau via Igirmranak membuat para pendaki akan terasa nyaman dan tak kesulitan dalam mengisi cadangan minum.

Tertarik melihat Terowongan Kemin secara langsung dan merasakan keteduhannya? Cobalah mendaki Gunung Prau via Igirmranak, Kejajar, Wonosobo, Jawa Tengah.

Baca juga: Berapa Estimasi Biaya ke Gunung Prau dari Jakarta?

Adi pun menyarankan para pendaki untuk naik pada siang atau sore hari untuk merasakan keteduhan Terowongan Kemin yang bisa dimanfaatkan pula untuk spot foto Instagramable.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com