Potensi Rempah untuk Wisata Kuliner Baru, seperti Apa?

Kompas.com - 28/09/2020, 07:07 WIB
Ilustrasi rempah SHUTTERSTOCK/monticelloIlustrasi rempah

KOMPAS.com – Segudang rempah yang kerap digunakan sebagai bumbu pelengkap makanan bisa ditemukan di Indonesia dengan mudah.

Hal ini karena limpahan rempah di Indonesia tersebar di berbagai wilayah. Jenisnya pun cukup beragam. Mulai dari jahe, temu lawak, kunyit, lada, hingga pala.

Ketua Lembaga Pengembangan dan Penelitian Sosial Politik Universitas Indonesia Jajang Gunawijaya mengatakan, rempah-rempah tersebut bisa dimanfaatkan untuk pariwisata Indonesia yang berkelanjutan.

“Rempah untuk bumbu penyedap, campuran bahan makanan dan minuman, obat-obatan, dan penghangat tubuh terutama di musim dingin,” kata dia.

Baca juga: Rempah Indonesia Pernah Jadi yang Termahal di Dunia, 1 Pon Pala Setara 7 Sapi

Pernyataan itu Jajang sampaikan dalam International Forum On Spice Route 2020 bertajuk Celebrating Diversity and Intercultural Understanding Through Spice Route as One of the World’s Common Heritage, Rabu (23/9/2020).

Rempah mudah ditemukan dengan harga murah

Menurut Jajang, pemanfaatan rempah Indonesia bagi bangsa Eropa zaman dulu dapat dilihat sebagai peluang bagi industri pariwisata untuk menjual paket wisata kuliner baru berbasis rempah saat ini.

Selain itu, Indonesia juga terkenal akan kulinernya yang lezat dan mudah diterima lidah wisatawan asing.

“Bangsa kita terkenal akan kulinernya dan orang Indonesia berani masak dengan berbagai bumbu, termasuk rempah-rempah,” ungkap Jajang.

Ilustrasi rempah - Ilustrasi pala.SHUTTERSTOCK / spicyPXL Ilustrasi rempah - Ilustrasi pala.

Pemanfaatan rempah-rempah dalam bumbu masak Indonesia yang nantinya dihidangkan dalam wisata kuliner baru terbilang cukup mudah. Hal ini karena rempah dapat ditemukan dimana saja dengan harga murah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X