25 Tempat Wisata Manado dan Sekitarnya yang Wajib Dikunjungi

Kompas.com - 28/09/2020, 15:42 WIB
Keindahan Taman Laut Bunaken di Manado, Sulawesi Utara. ShutterstockKeindahan Taman Laut Bunaken di Manado, Sulawesi Utara.

KOMPAS.com – Kota Manado menawarkan sejumlah tempat wisata yang menarik untuk dikunjugi.

Ibukota Provinsi Sulawesi Utara tersebut memiliki ragam tempat wisata, seperti wisata alam, kuliner, hingga sejarah yang tak boleh terlewatkan.

Berikut rangkuman 25 tempat wisata di Manado yang harus dikunjungi saat liburan ke sana.

1. Taman Nasional Bunaken

Manado sangat potensial, sebagai kota berbasis perdagangan. Infrastruktur sudah terbangun dengan cukup baik. Selain itu, dekat dengan destinasi wisata  yang dikenal luas secara internasiolan yakni Taman Nasional Bunaken.
www.shutterstock.com Manado sangat potensial, sebagai kota berbasis perdagangan. Infrastruktur sudah terbangun dengan cukup baik. Selain itu, dekat dengan destinasi wisata yang dikenal luas secara internasiolan yakni Taman Nasional Bunaken.

Taman Nasional Bunaken merupakan tempat wisata paling populer di Manado, bahkan sampai ke kancah internasional.

Taman nasional warisan dunia UNESCO ini, menawarkan keindahan bawah laut dan memiliki biodiversitas laut tertinggi dunia.

Pengujung dapat mengeksplorasi suasana pulau, diving, snorkeling, berenang, menikmati kuliner khas laut hingga berbaur dengan warga kampung.

Fasilitas di Taman Nasional Bunaken tersedia lengkap, seperti penginappan, transportasi,, tempat makan, sampai penyewaan alat.

Pengunjung akan dikenai biaya masuk sebesar Rp5.000 per orang untuk wisatawan domestik, dan Rp150.000 per orang untuk wisatawan mancanegara.

Baca juga: Popareng, Desa Ekowisata Percontohan di TN Bunaken

2. Yesus Memberkati Statue

Monumen Yesus Memberkati di komplek Perumaha Citra Land, menjadi salah satu ikon wisata di Manado, Sulawesi Utara.KOMPAS.COM/RONNY ADOLOF BUOL Monumen Yesus Memberkati di komplek Perumaha Citra Land, menjadi salah satu ikon wisata di Manado, Sulawesi Utara.

Patung Yesus Memberkati merupakan ikon wisata religi serta simbol memberkati Kota Manado.

Patung ini terletak di Kawasan Perumahan Citraland Manado, tepatnya di Winangun Satu, Kecamatan Malalayang, Kota Manado.

Dari monumen patung dengan ketinggian 50 meter serta kemiringan 20 derajat ini, pengunjung dapat melihat pemandangan yang indah Kota Manado, Pulau Manado Tua, Bunaken, dan Gunung Kablat.

Untuk mencapai lokasi patung, pengunjung dapat menaiki tangga dari sisi jalan setapak. Pengunjung tidak dikenai biaya apapun untuk mengunjungi monumen patung Yesus Memberkati.

Baca juga: 10 Tempat Wisata Manado dan Sekitarnya Selain Bunaken

3. Pulau Siladen

Pantai Pulau Siladen. Pasir putih dan air yang jernih membuat para wisatawan betah di tempat ini. Tribun Manado/ Fineke T Wolajan Pantai Pulau Siladen. Pasir putih dan air yang jernih membuat para wisatawan betah di tempat ini.

Pulau Siladen berada dalam kawasan Taman Nasional Bunaken, memiliki morfologi daratan yang rata dan bentuk pulau yang bundar.

Pulau Siladen menawarkan keindahan bawah laut yang tak perlu diragukan, lengkap dengan terumbu karang yang indah dan ikan-ikan yang cantik.

Pengunjung bisa snorkeling, diving, berenang, berkeliling pantai, berjemur di pantai, atau sekadar menikmati kuliner.

Untuk mencapai pulau ini, pengunjung dapat berangkat naik kapal dari Pelabuhan Manado dengan harga berkisar Rp25.000-Rp50.000, atau pengunjung juga dapat menyewa speedboat dengan harga berkisar Rp 350.000-Rp 900.000.

Baca juga: Liburan Hemat di Manado, Ikuti Itinerary 2 Hari 1 Malam Berikut

4. Pantai Malalayang

Keindahan Pantai Malalayang di Kota Manado, Sulawesi Utara.Shutterstock Keindahan Pantai Malalayang di Kota Manado, Sulawesi Utara.

Pantai Malalayang berada tak jauh dari pusat Kota Manado, mudah dijangkau dan sangat cocok dijadikan tujuan saat weekend. Lokasi persisnya terletak di Kecamatan Malalayang, Kota Manado.

Di pantai ini, pengunjung dapat diving menikmati pemandangan bawah laut atau sekadar menikmati kuliner, atau sekadar bersantai menikmati pemandangan alam berupa Pulau Manado Tua, Pulau Bunaken, dan Pulau Siladen.

Pengunjung dapat menempuh tempat ini dari pusat kota dengan jalur darat dalam waktu tempuh sekitar 20 menit, dan juga dikenai biaya masuk sebesar Rp5.000 per orang.

Baca juga: Cara Membuat Perkedel Jagung Manado yang Renyah

5. Pulau Manado Tua

Pulau Manado Tua.Shutterstock Pulau Manado Tua.

Pulau Manado Tua berada di kawasan Taman Nasional Bunaken. Pulau ini menyimpan keindahan bawah laut yang menakjubkan.

Di Pulai Manado Tua terdapat beberapa pantai yang populer seperti Pantai Apeng Datu, Apeng Gugu, Apeng Salah, dan Batu Layar, yang banyak dikunjungi wisatawan.

Pengunjung dapat berenang, berjemur, diving, menikmati keindahan sunset, mengunjungi hutan bakau, bahkan berinteraksi dengan ikan dugong atau lumba-lumba.

Untuk mencapai pulau ini, pengunjung dapat menaiki kapal dari Pelabuhan Manado dengan harga kisaran Rp25.000 per orang atau menyewa speedboat.

Baca juga: Pemandu Wisata di Manado Sambung Hidup Jadi Pengemudi Online dan Jualan Masker

6. Gardenia Country Inn

Gardenia Country Inninstagram.com/gardeniacountryinn Gardenia Country Inn

Gardenia Country Inn berupa taman luas dihiasi dengan berbagai macam jenis bunga, dengan pemandagan alam yang tentu sangat menyejukkan.

Tempat yang terletak di Jalan Kawiley, Kakaskasen Dua, Tomohon Utara, Kota Tomohon ini menawarkan pemandangan gunung Lokon yang berdiri kokoh di selatan Kota Tomohon.

Fasilitas tempat wisata ini berupa kebun, restoran di tengah taman yang penuh bunga, dan penginapan dengan kamar yang terbuat dari kayu.

Selain berfoto-foto ria dengan pemandangan yang indah nan cantik, pengunjung dapat menikmati makanan dari bahan makanan fresh yang ditanam langsung di kebun ini.

Pengunjung tidak perlu membayar biaya masuk untuk menikmati pemandangan menawan bak negri dongeng, cukup memesan hidangan di restoran saja.

Baca juga: Ini 7 Alasan Anda Harus Datang ke Tomohon

7. Rumah Alam Manado

Rumah Alam Manado Adventure Park sangat cocok untuk dijadikan tujuan saat liburan akhir pekan bersama teman maupun keluarga.

Lokasi tempat wisata ini yakni di Jalan Ring Road Manado II, Kairagi Sati, Mapanget, Kota Manado.

Tempat wisata ini mengusung konsep wisata alam terbuka yang menyegarkan, lengkap dengan wahana menarik seperti Zorbing, Rappelling, flying fox, ATV, Golf, lapangan tembak, rumah pohon, wisata air, bahkan melakukan resepsi pernikahan.

Rumah Alam Manado juga menawarkan spot-spot foto yang menarik dan Instagramable, sehingga sangat cocok bagi yang hobi fotografi, untuk diunggah di medsos.

Pengunjung dapat berkunjung setiap hari mulai dari jam 10 pagi hingga 6 sore, dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 35.000 per orang.

8. CitraLand Waterpark Manado

Citra Land WaterparkTRIBUNMANADO/WARSTEFF ABISADA Citra Land Waterpark

CitraLand Waterpark Manado merupakan salah satu pilihan wisata air yang sangat cocok untuk liburan akhir pekan bersama keluarga atau teman di Manado.

Wisata ini sangat cocok untuk hiburan anak dengan kolam anak yang dangkal, ada juga kolam untuk dewasa, hingga wahana-wahana air lainnya.

Tempat ini dilengkapi dengan restoran dan café di dalamnya, sehingga pengunjung dapat mengisi perut setelah lelah bermain.

Pengunjung harus merogoh kocek untuk tiket masuk sebesar Rp 35.000 per orang. Jika rombongan lebih dari 25 orang, hanya Rp20.000 per orang, dan gratis untuk anak-anak umur di bawah 2 tahun.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X