Karimunjawa Siap Dibuka Kembali, Tunggu Hasil Simulasi

Kompas.com - 30/09/2020, 10:35 WIB
Para wisatawan menikmati momen-momen matahari terbenam setelah snorkeling di Laut Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah, Sabtu (18/7/2015). PT Pelni menawarkan pilihan wisata bahari seperti ke Karimunjawa menggunakan kapal feri. KOMPAS.COM/WAHYU ADITYO PRODJOPara wisatawan menikmati momen-momen matahari terbenam setelah snorkeling di Laut Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah, Sabtu (18/7/2015). PT Pelni menawarkan pilihan wisata bahari seperti ke Karimunjawa menggunakan kapal feri.


KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara sudah melakukan simulasi pembukaan salah satu tempat wisata yang jadi primadona--Kepulauan Karimunjawa.

Hal tersebut dikonfirmasi oleh Kepala Bidang Destinasi Pariwisata, Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Jepara, Nur Zuhruf saat dihubungi Kompas.com, Selasa (29/9/2020).

"Simulasi untuk penyeberangan ke tempat wisata Karimunjawa juga sudah kita lakukan. Itu hari Jumat 18 September 2020. Sudah kita lakukan, baik itu mulai pengaturan tempat duduk kapal, drop off, parkir sampai dengan SOP wisatanya," kata Nur.

Baca juga: Cara Mudah dan Murah Menuju Karimunjawa Ala Backpacker

Selesai simulasi, kini Karimunjawa tinggal menunggu keputusan final dari Bupati Jepara tentang pembukaan operasional.

Ia menambahkan, setelah selesai simulasi, Karimunjawa kembali tutup atau disterilisasikan sembari menunggu keputusan.

"Masih menunggu kapan kita resmi bukanya," tambah dia.

Adapun protokol kunjungan wisata ke Karimunjawa, sama seperti kebanyakan destinasi wisata lainnya mulai dari mengenakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan adanya pembatasan pengunjung.

Ilustrasi Kepulauan Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah.shutterstock/Mazur Travel Ilustrasi Kepulauan Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah.

Penumpang kapal dibatasi 50 persen

Protokol kunjungan ke Karimunjawa juga akan berbeda ketika nanti saat buka kembali.

Menurut Nur, protokol tersebut akan diatur mulai dari transportasi yaitu kapal untuk menyebrang ke Karimunjawa.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X