BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan marlboro.id

Traveller, Yuk Biasakan Berwisata Tanpa Meninggalkan Jejak Sampah

Kompas.com - 30/09/2020, 15:17 WIB
Berwisata tanpa meninggalkan jejak menggunakan prinsip Leave No Trace. Dok. ShutterstockBerwisata tanpa meninggalkan jejak menggunakan prinsip Leave No Trace.
Penulis Agung Dwi E
|

KOMPAS.com – Saat traveling, kamu pasti mengharapkan suasana menyenangkan dan pengalaman berbeda dibandingkan situasi harian yang kamu alami. Dengan berwisata, kamu ingin mengisi ulang “baterai” yang ada di dalam diri kamu.

Masalahnya, kadang kamu menemukan kenyataan yang tidak sesuai harapan. Misalnya, obyek wisata yang kamu kunjungi penuh dengan jejak sampah, seperti sampah puntung, plastik, dan lain sebagainya. Jika sudah begini, traveling pun jadi kurang menyenangkan.

Sampah puntung memang menjadi masalah pelik. Sebagian traveller kurang peka dan cenderung meremehkan sampah jenis ini karena dianggap mudah terurai. Apalagi, ukurannya yang kecil, sampah puntung kerap dibuang sembarangan.

Jika dibiarkan berlarut-larut, sampah tersebut dapat merusak keindahan tempat wisata. Bahkan, bisa merusak ekosistem.

Masalah ini sebenarnya bisa dipecahkan melalui perubahan kecil dari wisatawan. Pelancong bisa menerapkan prinsip Leave No Trace saat traveling.

Secara sederhana, prinsip ini mengajak wisatawan agar tidak meninggalkan jejak sampah, seperti sampah puntung, saat mengunjungi obyek wisata. Sampah sebaiknya dibuang di tempat sampah atau bila memang belum menemukan tempat sampah, bisa dikumpulkan terlebih dahulu.

Berwisata dengan prinsip Leave No Trace sebenarnya tidak ribet. Sebagai pelancong, kamu hanya perlu menambahkan hal-hal kecil agar lebih eco-friendly. Dengan begitu, kamu bisa ikut menciptakan tren wisata yang lebih sustainable atau berkelanjutan.

Lantas, apa saja yang perlu dipersiapkan agar bisa menjalankan traveling dengan prinsip Leave No Trace?

1. Kurangi membawa kantong dari plastik

Ilustrasi wisata di alam terbuka.Dok. Shutterstock Ilustrasi wisata di alam terbuka.

Seperti yang diketahui, plastik merupakan bahan yang sulit terurai. Penggunaan kantong plastik sekali pakai ini akan menambah sampah plastik. Hal ini dapat mencemari lingkungan dan jika dibiarkan terus-menerus akan mengganggu ekosistem.

Kamu bisa mengganti kantong plastik dengan kantong yang lebih ramah lingkungan dan bisa dipakai berkali-kali. Contohnya, tote bag berbahan kain atau kantong kertas.

2. Membawa alat makan dan minum sendiri

Traveling dengan membawa alat makan dan minum dapat mengurangi sampah, terutama bila doyan membungkus makanan.

Pasalnya, bungkus makanan yang digunakan restoran umumnya masih menggunakan kantong plastik dan box Styrofoam. Kedua jenis sampah ini tidak ramah lingkungan.

Selain lebih ramah lingkungan, membawa alat makan dan minum sendiri akan membuatmu merasa lebih nyaman.

Agar lebih ringkas di ransel atau koper, kamu bisa menggunakan alat makan dan minum jenis reusable kit. Biasanya, reusable kit dapat dilipat kecil atau memang dibuat seringkas mungkin untuk dapat dibawa ke mana-mana.

3. Membawa perlengkapan mandi sendiri

Mungkin kamu merasa membawa perlengkapan mandi sendiri bikin ribet. Sebab, tas kamu jadi makin penuh. Plus, kamu merasa hotel juga sudah menyediakan perlengkapan mandi.

Namun tunggu dulu. Perlengkapan mandi dari hotel biasanya digunakan sekali pakai. Bila menggunakan itu, kamu turut meninggalkan jejak sampah secara tidak langsung.

Berbeda bila kamu membawa peralatan sendiri. Kamu bisa turut mengurangi volume sampah dari perlengkapan mandi sekali pakai.

4. Membawa Dompet Multifungsi untuk sampah bawaan

Saat traveling, jangan lupa membawa tempat khusus untuk sampah bawaanmu. Sebab, kadang tidak semua tempat wisata menyediakan tong sampah. Misalnya, saat kamu sedang camping, tentu tong sampah susah ditemui.

Tidak repot kok membawa tempat khusus tersebut. Kamu hanya perlu menyiapkan dompet multifungsi untuk menyimpan sampah-sampah, seperti bungkus makanan, minuman, tisu, plastik permen, atau sampah puntung, agar tidak tercecer.

Nah, itu tadi empat cara kecil yang cukup sederhana dan mudah disiapkan sebelum traveling. Jika ingin tahu lebih banyak tips Leave No Trace lainnya, kamu bisa klik di sini.

Tunjukkan kalau kamu traveller berkualitas dengan enggak membuang sampah sembarangan, apalagi sampah puntung.


Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya