Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pariwisata Thailand Segera Buka Lagi, Turis Asing Pertama Datang dari China

Kompas.com - 01/10/2020, 11:30 WIB
Nabilla Ramadhian,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pada Selasa (29/9/2020), Centre for Covid-19 Situation Administration (CCSA) Thailand menuturkan, sebanyak 150 wisatawan China pemegang Special Tourist Visa (STV) diizinkan untuk mendarat di sana pada 8 Oktober 2020.

Melansir Xinhua Net, Selasa, Menteri Pariwisata dan Olahraga Phiphat Ratchakitprakarn menuturkan, mereka akan terbang langsung ke Phuket melalui pesawat charter Air Asia.

Baca juga: Thailand Keluarkan Visa Khusus Turis Asing, Apa Itu?

Menurut Ratchakitprakarn, sekelompok kecil wisatawan bisnis asal China yang terdiri dari tujuh orang akan tiba di Bandara Internasional Suvarnabhumi di Bangkok menggunakan jet pribadi pada hari yang sama.

Langkah penting dalam sektor pariwisata

Seorang pejabat pemerintahan menuturkan, kedatangan wisatawan China tersebut menandai dimulainya kembali secara bertahap sektor pariwisata Thailand yang sangat terdampak Covid-19.

Governor of Tourism Authority of Thailand Yuthasak Supasorn mengatakan, mengutip Reuters, Selasa, mereka akan langsung terbang ke pulau resor Phuket.

“Wisatawan akan menggunakan visa tinggal lama mulai 8 Oktober, dan akan tinggal di karantina negara alternatif selama 14 hari,” ungkap Yuthasak seperti dilansir dari Reuters.

Juru bicara pemerintah Traisulee Traisoranakul mengatakan, pihaknya memperkirakan kedatangan 1.200 wisatawan pada bulan pertama.

Jumlah tersebut akan menghasilkan pendapatan sekitar 1 miliar baht dan 12,4 miliar baht selama satu tahun melalui 14.400 wisatawan.

Wisatawan yang diizinkan memasuki Thailand hanyalah mereka yang tiba dari negara-negara yang dianggap memiliki risiko Covid-19 rendah.

“Kami tidak membuka negara. Kami membatasi jumlah kedatangan, dan akan mengaturnya dengan gelang aplikasi untuk mengikuti mereka,” ungkap Perdana Menteri Prayuth Chan-ocha kepada wartawan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com