Benarkah Hotel Isolasi OTG Covid-19 Berisiko Ditinggalkan Tamu?

Kompas.com - 02/10/2020, 08:30 WIB
ILUSTRASI - Kamar hotel Shutterstock/August_0802ILUSTRASI - Kamar hotel

KOMPAS.com - Beberapa hotel di Jakarta tengah disiapkan sebagai tempat isolasi pasien Orang Tanpa Gejala (OTG) Covid-19. Adapun kategori hotel isolasi ini dibagi dua di antaranya difasilitas pemerintah atau non subsidi.

Meski penyediaan hotel-hotel sebagai tempat isolasi merupakan hal positif bagi persatuan dalam menangani Covid-19, tetapi disebutkan ada risiko yang harus siap ditanggung pihak hotel.

Kehidupan masa depan hotel-hotel yang menjadi tempat isolasi ini disebut akan terasa berat.

Hal ini diutarakan Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jakarta, Krisnadi saat dihubungi Kompas.com, Kamis (1/10/2020).

Baca juga: PHRI: Bakal Ada Hotel Berbayar untuk Isolasi Pasien Covid-19 Tanpa Gejala di Jakarta

Menurutnya, ada stigma bahwa hotel yang telah dijadikan tempat isolasi pasien Covid-19 mendapat julukan baru yaitu hotel Covid.

"Ini stigma yang sulit dihilangkan," kata Krisnandi.

Krisnandi membeberkan pengalaman beberapa hotel yang menjadi tempat isolasi OTG Covid-19.

"Begitu namanya (hotel) udah masuk ke listing saya, ;alu listing tersebut lepas ke media, kendala pertamanya adalah, tamu yang lagi nginap enak-enak, istilahnya tamu "sehat", besoknya langsung check out. Mau check in minggu depan lalu cancel," kata Krisnadi.

Baca juga: Pemprov DKI Buka Peluang Hotel Sediakan Paket Isolasi OTG Covid-19

Lanjut dia, bahkan tidak hanya berdampak bagi hotel itu sendiri, melainkan ke beberapa tempat di sekitarnya, seperti pusat perbelanjaan dan apartemen.

Ia mengatakan, bisa saja pusat perbelanjaan atau apartemen tersebut enggan untuk berdekatan dengan hotel karena telah berubah fungsi sebagai tempat isolasi pasien Covid-19.

"Belum lagi tenant yang nyewa ruangan di dalam hotel tadi. Itu juga ribet juga. Kalau ada OTG saya cabut duluan, begitu mereka bilang," ujarnya.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X