Hotel Penyedia Paket Isolasi OTG Covid-19 Masih Sedikit, Ini Alasannya

Kompas.com - 02/10/2020, 09:20 WIB
Ilustrasi protokol kesehatan sektor pariwisata Indonesia Dok. PUSKOMPUBLIK KEMENPAREKRAFIlustrasi protokol kesehatan sektor pariwisata Indonesia


KOMPAS.com - Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI tengah menggencarkan paket isolasi terkendali bagi orang tanpa gejala (OTG) Covid-19 di hotel non fasilitas pemerintah.

Namun, hingga kini baru ada tiga hotel yang mendaftar untuk bergabung dalam penjualan paket.

Hal tersebut disampaikan oleh Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI, Gumilar Ekalaya saat dihubungi Kompas.com, Kamis (1/10/2020).

"Saat ini baru sedikit ya yang masuk. Baru ada tiga hotel yang masuk. Ya itu pun yang baru kita tinjau baru satu," kata Gumilar.

Baca juga: Nama Hotel Isolasi Pasien Covid-19 Tanpa Gejala Tidak Dipublikasi, Ini Alasannya

Ia menjelaskan alasan mengapa hotel yang mendaftar baru tiga dan terhitung sedikit. Hal ini, kata dia, karena banyak hotel yang komplain akan kehilangan pelanggan apabila menjual paket isolasi.

Menurut dia, hotel-hotel khawatir apabila menjual paket, maka tamu akan pergi dengan sendirinya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Karena kan ini udah dianggapnya oleh mereka (pelanggan), ini hotel Covid. Kasihan mereka itu (hotel-hotel). Ditegur tamu-tamu regulernya," kata Gumilar.

"Maka dari itu kita belum bisa umumkan nama tiga hotel ini. Nanti begitu sudah ada MoU dengan pemerintah, kesiapannya sudah, baru kita kabarin," jelasnya.

Baca juga: Pemprov DKI Buka Peluang Hotel Sediakan Paket Isolasi OTG Covid-19

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.