Kompas.com - 03/10/2020, 21:01 WIB

KOMPAS.com – Indonesia memiliki sejumlah kampung batik yang tersohor di seluruh penjuru Nusantara, termasuk Kota Surakarta.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Surakarta Hasta Gunawan mengatakan, Surakarta sebagai kota budaya yang mandiri, maju, dan sejahtera memiliki beberapa kampung batik yang patut dikunjungi.

“Sentra batik di Kampung Batik Kauman dan Kampung Batik Laweyan. Ini wisata edukasi, pengunjung bisa ikut membuat batik, bisa langsung pesan batik di situ,” kata dia kepada Kompas.com, Sabtu (3/10/2020).

Kampung Batik Kauman, pusat batik tertua di Solo

Mengutip situs resmi Dinas Pariwisata Kota Surakarta, Kampung Batik Kauman merupakan pusat batik tertua di sana.

Dahulu, kampung tersebut merupakan pemukiman abdi dalem Keraton Kasunanan yang mempertahankan tradisi dengan cara membatik.

Saat berkunjung ke sana, wisatawan bisa mempelajari tiga jenis batik khas Kampung Batik Kauman, yakni batik klasik dengan motif pakem (batik tulis), batik cap, serta batik kombinasi cap dan tulis.

Kampung Batik Solo - Para pengrajin batik tengah membuat batik di Kampung Batik Kauman, Surakarta, Jawa Tengah.https://pariwisatasolo.surakarta.go.id/ Kampung Batik Solo - Para pengrajin batik tengah membuat batik di Kampung Batik Kauman, Surakarta, Jawa Tengah.

Sembari mempelajari dan melihat proses pembuatan batik, jangan lupa menikmati keindahan sejumlah bangunan tua bergaya arsitektur Jawa-Belanda yang terlihat megah.

Di sana juga terdapat beberapa situs bangunan bersejarah, seperti bangunan rumah joglo. Sebelum pergi ke tempat wisata lain, jangan lupa untuk membeli dan membawa pulang batik Kauman yang indah sebagai oleh-oleh.

Kampung Batik Laweyan, ikon batik Solo sejak abad ke-19

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.