Pariwisata Halal di Taiwan, Ini Bedanya Dulu dan Sekarang

Kompas.com - 05/10/2020, 09:15 WIB
Ilustrasi wisata halal - Sebuah restoran mi yang memiliki sertifikasi halal di Taipei, Taiwan. SHUTTERSTOCK / hain.tarmannIlustrasi wisata halal - Sebuah restoran mi yang memiliki sertifikasi halal di Taipei, Taiwan.

KOMPAS.com – Saat ini Taiwan merupakan salah satu destinasi wisata halal yang bisa dikunjungi wisatawan Muslim jika sudah memungkinkan.

Peneliti Pusat Penelitian Kewilayahan (P2W) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Rita Pawestri Setyaningsih mengatakan, perkembangan pariwisata halal di sana terbilang cukup pesat.

Baca juga: Taiwan, Salah Satu Pilihan Destinasi Wisata Halal Terbaik

“Menurut Global Muslim Travel Index, sejak lima tahun belakangan, peringkat Taiwan meningkat dalam hal tujuan wisata terbaik di antara negara-negara non-Muslim. Dari peringkat 10 pada 2015, jadi peringkat tiga pada 2019,” ujar dia.

Pernyataan itu Rita sampaikan dalam webinar LIPI bertajuk Prospek Wisata Halal Bagi Indonesia: Pengalaman Dari Taiwan, Rabu (30/9/2020).

Lantas, bagaimana perbedaan pariwisata halal di Taiwan sebelum berkembang dengan pesat?

  • Restoran dan hotel halal terbatas

Rita menceritakan bahwa saat berada di Taiwan pada 2009, dia merasa cukup kesulitan mencari restoran atau hotel halal. Namun, pada 2012 mulai terlihat adanya perkembangan.

“Setidaknya hanya ada kurang dari 20 restoran atau hotel. Malahan hotel belum ada yang dapat sertifikat halal,” kata dia.

Rita melanjutkan, jumlah restoran dan hotel di Taiwan yang memiliki sertifikat halal pada 2019 sudah bertambah menjadi 217.

  • Tidak ada papan informasi restoran halal

Saat ini, wisatawan Muslim makin dimudahkan dengan tersedianya papan informasi restoran halal di sejumlah destinasi wisata di Taipei.

Ilustrasi wisata halal - Sebuah tempat makan di Taipei, Taiwan memiliki sertifikasi halal.SHUTTERSTOCK / hain.tarmann Ilustrasi wisata halal - Sebuah tempat makan di Taipei, Taiwan memiliki sertifikasi halal.

Itu lantaran pemerintah Taiwan sangat mendukung dikembangkannya pariwisata halal dan makin menarik wisatawan Muslim untuk berkunjung ke sana.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X