Paspor Selandia Baru Terkuat di Dunia, Geser Jepang

Kompas.com - 07/10/2020, 07:20 WIB
ILUSTRASI - Boarding pass, paspor, kartu ShutterstockILUSTRASI - Boarding pass, paspor, kartu

KOMPAS.com - Tahun 2020 menjadi tahun yang berat bagi berbagai sektor, tidak terkecuali pariwisata, karena pandemi Covid-19.

Namun, dilansir dari Stuff, di tengah situasi carut marut ini, salah satu kabar menarik berhembus terkait paspor terkuat di dunia.

Jika selama ini Jepang menduduki peringkat pertama sebagai negara dengan paspor terkuat di dunia, tahun ini posisi itu harus direlakan pindah ke Selandia Baru.

Paslanya, menurut Passport Index, Selandia Baru kini menjadi negara dengan paspor terkuat di dunia.

Passport Index adalah salah satu dari beberapa indeks yang mengukur jumlah perjalanan dunia bebas visa. Pengukuran tersebut berdasarkan paspor 193 negara anggota PBB dan enam wilayah.

Baca juga: Cuma Terisi 4 Orang, Semua Penumpang Air New Zealand Ditingkatkan ke Kabin Bisnis

Adapun Selandia Baru, saat ini, bebas visa ke 129 negara. Selandia Baru naik 80 peringkat semenjak puncak pandemi virus corona, meski di akhir penghujung 2019 sempat bebas visa ke 169 negara.

Hrant Boghossian, dari Passport Index, mengatakan “Skor Mobilitas” Selandia Baru yang pulih 61 persen, merupakan pencapaian luar biasa.

"Selandia Baru unggul dalam dalam menangani krisis Covid-19, mencerminkan warganya yang cepat diterima untuk perjalanan ke negara lain," kata Boghossian.

Sementara itu, Jepang kembali ke posisi kedua bersama Jerman, Austria, Luxembourg, Swiss, Irlandia, Korea Selatan dan Australia.

Peringkat 10 besar teratas diduduki oleh negara-negara Eropa. Sementara itu, Indonesia berada di posisi 49, dengan memiliki akses bebas visa ke 61 negara.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X