Kapal Wisata di TN Komodo Wajib Registrasi Online

Kompas.com - 07/10/2020, 12:50 WIB
Kapal Sipuliang, kapal yang disewa untuk Live on Board di perairan Taman Nasional Komodo. Kompas.com/Silvita AgmasariKapal Sipuliang, kapal yang disewa untuk Live on Board di perairan Taman Nasional Komodo.


KOMPAS.com - Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) Agustinus Rinus mengungkapkan salah satu strategi menghidupkan kembali pariwisata adalah dengan menggencarkan registrasi online bagi kapal wisata.

"Seluruh kapal-kapal tolong diregistrasi secara online. Kalau tidak, maka bapak ibu tidak bisa melakukan aktivitas kepariwisataan di dalam (Manggarai Barat," kata Agustinus.

Hal ini disampaikan dalam Live Streaming Sosialisasi Panduan CHSE Usaha Wisata Selam Labuan Bajo, Selasa (6/10/2020) di channel Youtube Kemenparekraf.

Baca juga: Bakal Ada Wisata Tematik di Labuan Bajo, Seperti Apa

Dalam acara yang dihadiri oleh pelaku usaha wisata selam di Manggarai Barat, ia menegaskan, agar seluruh pihak terutama pelaku usaha bisa menaati peraturan mengenai registrasi online kapal.

Hal ini, kata dia, berlaku pada aktivitas wisata di Taman Nasional Komodo (TN Komodo) maupun di luarnya.

481 kapal wisata, baru 56 yang memiliki home base di Labuan Bajo

Selain itu, ia juga mengungkapkan hasil data kajiannya, dari 481 kapal wisata di Manggarai Barat, hanya 56 kapal yang memiliki home base di Labuan Bajo.

Sisanya, kata dia, memiliki home base di luar Manggarai Barat, seperti Jakarta, Bali, dan Lombok.

Melihat hal ini, pihaknya mengaku akan menertibkan dan tidak lagi mengizinkan kapal wisata yang tidak memiliki tanda daftar usaha pariwisata di Manggarai Barat.

"Kapal-kapal yang belum memiliki tanda daftar usaha pariwisata di Manggarai Barat segera diurus. Kalau tidak, tidak akan mungkin melakukan aktivitas pariwisata di perairan Kabupaten Manggarai Barat," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X