Pandemi Covid-19 Telah Batalkan 234 Acara MICE di Singapura

Kompas.com - 08/10/2020, 09:28 WIB
Ilustrasi Singapura ThinkstockIlustrasi Singapura

KOMPAS.com – Pandemi Covid-19 telah membatalkan dan menunda 234 acara Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE) di Singapura.

“Biasanya terjadi 500–700 acara MICE di Singapura dan mendatangkan sekitar 400.000 pengunjung internasional,” kata Assistant Manager Singapore Tourism Board (STB) Indonesia Johanes Stevano Rahardjo.

Pernyataan itu ia sampaikan dalam webinar STB Indonesia MICE Forum bertajuk “Towards the Safe Resumption of Business Events in Singapore”, Rabu (7/10/2020).

Akibat pandemi Covid-19, Johanes mengatakan bahwa Singapura mengalami penurunan dalam kunjungan internasional sebanyak 342.031 pengunjung.

Baca juga: Singapura Sambut Turis Asing 1 September 2020

Tidak hanya itu, mereka juga mengalami kerugian pada pendapatan pariwisata sekitar 587 juta dollar Singapura per 20 Juli 2020.

“MICE hasilkan 3,8 miliar dollar Singapura pada 2018. Kunjungan internasional sudah alami penurunan 95 persen sejak Maret–Juni,” ujar Johanes.

Ia melanjutkan, tahap pemulihan ada pada kuartal pertama 2021 diawali dengan perjalanan bisnis, dan tetap jalankah protokol kesehatan

Berdasarkan paparan Johanes, dimulainya kembali kegiatan MICE dapat membantu mengembalikan perekonomian Singapura.

Sektor MICE penting untuk Singapura

Sementara itu, Director Travel Agents & Tourist Guides STB Kenneth Lim pada kesempatan yang sama mengatakan, sektor MICE sangat penting bagi perekonomian Singapura.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X