Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lamongan Bakal Gencarkan Pengembangan Desa Wisata

Kompas.com - 08/10/2020, 16:04 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com – Pengembangan Desa Wisata kian gencar dilakukan sejumlah daerah di Indonesia. Selain Jawa Barat, Kabupaten Lamongan di Jawa Timur pun saat ini tengah mengembangkan desa wisata.

“Sekarang kami sedang mengembangkan desa wisata,” kata Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Lamongan, Sisyanto, kepada Kompas.com, Kamis (8/10/2020).

Baca juga: Mengapa Dinamakan Pantai Kutang? Simak Ceritanya...

Saat ini, Kabupaten Lamongan memiliki 474 desa yang tersebar di seluruh kecamatan. Untuk desa wisata yang lazim untuk dikunjungi, Sisyanto mengatakan setiap kecamatan baru memiliki satu desa wisata.

“Kita target paling tidak lima desa wisata di setiap kecamatan. Pengembangan sudah berjalan selama beberapa tahun, termasuk penataan desa agar menjadi desa wisata,” ujar dia.

Desa wisata baru

Salah satu desa wisata di Kabupaten Lamongan yang baru diresmikan adalah Wisata Desa Sendang Bawono di Dusun Deket, Desa Deketagung, Kecamatan Sugio.

Mengutip situs resmi Kabupaten Lamongan, Wisata Desa Sendang Bawono diresmikan pada 3 September 2020 oleh Bupati Lamongan Fadeli.

Dahulu, Sendang Bawono merupakan sebuah kolam tidak terawat yang kemudian dikelola dan diubah menjadi tempat wisata oleh masyarakat setempat.

Di sana, terdapat sebuah kolam besar yang bisa dimanfaatkan wisatawan untuk berenang. Ada juga area yang dipenuhi payung gantung warna-warni untuk dijadikan sebagai spot foto.

Desa Wisata di Kabupaten Lamongan - Wisata Desa Sendang Bawono di Dusun Deket, Desa Deketagung, Kecamatan Sugio, Kabupaten Lamongan.dok. Instagram @lamongantourism Desa Wisata di Kabupaten Lamongan - Wisata Desa Sendang Bawono di Dusun Deket, Desa Deketagung, Kecamatan Sugio, Kabupaten Lamongan.

Ada juga sejumlah gazebo yang tersebar di area rerumputan hijau yang disediakan oleh pengelola tempat wisata bagi pengunjung untuk bersantai sambil makan siang.

Tidak hanya itu, mengutip Lamongan Tourism, beberapa spot foto pun tersedia di sana. Salah satunya ada spot berbentuk hati.

Ada desa wisata petik jeruk

Selain Wisata Desa Sendang Bawono di Dusun Deket, ada juga wisata petik jeruk yang baru naik daun belakangan ini di Dusun Cane, Desa Candisari, Kecamatan Sambeng.

Di sana, wisatawan bisa memetik jeruk langsung dari kebun milik warga hanya dengan membayar Rp 10.000 per kilogram jeruk.

Baca juga: 555 Tempat Wisata di Jawa Timur Sudah Buka, Lebih dari 2,7 Juta Orang Berkunjung

Tidak hanya bisa dibawa pulang, jeruk yang baru dipetik juga bisa dimakan langsung sambil bersantai di beberapa gazebo yang telah disiapkan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com