4 Museum di Semarang, Pas untuk Wisata Edukasi dan Sejarah

Kompas.com - 10/10/2020, 10:16 WIB
Ilustrasi Lawang Sewu, Semarang. SHUTTERSTOCKIlustrasi Lawang Sewu, Semarang.

KOMPAS.com – Selain wisata alam, Semarang juga menawarkan museum yang unik dan tak boleh sampai terlewatkan bila berkunjung ke kota ini.

Museum yang menyimpan berbagai koleksi sangat cocok untuk wisata edukasi bahkan sejarah.

Berikut simak ulasan empat museum di Semarang yang wajib dikunjungi.

1. Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa merupaka wisata edukasi untuk mempelajari sejarah perkeretaapian. Tempat ini mulanya adalah stasiun kereta api yang beralih fungsi menjadi museum.

Lokasi museum ada di Jalan Stasiun, Jalan Panjang Kidul nomor 1, Panjang Kidul, Panjang, Kecamatan Ambarawa, Semarang.

Di sana, pengunjung dapat berwisata edukasi, naik kereta api uap, berfoto di spot keren, berbelanja suvenir, dan melihat koleksi di museum.

Jajaran lokomotif uap masa lalu yang dipamerkan di Museum Kereta Api Ambarawa.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Jajaran lokomotif uap masa lalu yang dipamerkan di Museum Kereta Api Ambarawa.

Museum ini menyimpan koleksi lokomotif uap, mulai dari seri B, C, D, sampai CC. Ada pula benda antik perkeretaapian, seperti mesin pembuat tiket penumpang zaman dahulu, telegraf, lonceng kereta, dan peluit petugas rel.

Baca juga: Old City 3D Art Museum Semarang, Wisata Selfie dengan Spot Instagramable

Untuk mengunjungi museum ini, pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang. Jam buka museum adalah pukul 08.00-17.00 WIB.

2. Semarang Contemporary Art Gallery

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X