Kabupaten Pasuruan Berencana Buat Sabuk Wisata, Apa Itu?

Kompas.com - 10/10/2020, 15:03 WIB
Wisata Pasuruan - Tempat wisata Cimory Dairyland & Resto di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. dok. Facebook Cimory Dairy Land & RestoWisata Pasuruan - Tempat wisata Cimory Dairyland & Resto di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

KOMPAS.com – Kabupaten Pasuruan memiliki sejumlah tempat wisata yang patut dikunjungi. Meski begitu, paket perjalanan yang ada masih belum saling berkesinambungan.

Hal itu disampaikan Asisten Ekonomi Pembangunan Pemerintah Kabupaten Pasuruan, merangkap Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Pasuruan HM Soeharto.

“Kami ingin kembangkan supaya ada sinergitas antara jenis-jenis tempat wisata di Kabupaten Pasuruan. Kita istilahkan sabuk wisata, melingkar,” kata dia kepada Kompas.com, Jumat (9/10/2020).

Baca juga: Masuk Zona Oranye, Tempat Wisata di Pasuruan Dibuka Lagi

Soeharto melanjutkan, tempat wisata di Kabupaten Pasuruan terbagi menjadi beberapa kategori, salah satunya tempat wisata modern.

Wisata Pasuruan - Tempat wisata Taman Dayu di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.http://www.thetamandayu.com/ Wisata Pasuruan - Tempat wisata Taman Dayu di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Adapun, kategori tersebut mencakup beberapa tempat wisata, seperti Taman Dayu, Taman Safari Prigen, dan Finna Golf & Country Club.

Sementara itu, kategori lainnya adalah tempat wisata religi yang mencakup beberapa tempat, seperti Makam Mbah Sayyid Arif Segoropuro dan Makam Mbah Soleh Semendhi.

Selanjutnya, ada tempat wisata buatan seperti Saygon Waterpark, Kebun Pak Budi, dan Taman Ria Surapati.

Baca juga: Masuk Zona Oranye, Tempat Wisata di Pasuruan Dibuka Lagi

Kabupaten Pasuruan juga memiliki desa wisata, antara lain Desa Jarangan yang terkenal akan hutan bakaunya, dan Desa Sumbergedang dengan Taman Bunga Adn Firdaus.

“Pemerintah daerah ingin membuat wisata yang berkaitan. Kalau orang berwisata ke sini, mereka bisa melingkari Pasuruan,” ujar Soeharto.

Kerja sama dengan agen perjalanan

Guna mewujudkan sabuk wisata itu, pihaknya sebelum pandemi Covid-19 kerap melakukan pertemuan dengan sejumlah agen perjalanan.

Wisata Pasuruan - Tempat wisata Kebun Pak Budi di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.http://www.kebunpakbudi.com/ Wisata Pasuruan - Tempat wisata Kebun Pak Budi di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Pertemuan dilakukan agar para agen perjalanan dapat memasarkan paket perjalanan berwisata ke Kabupaten Pasuruan dengan tertib.

Baca juga: Selain Bromo, Ini 5 Destinasi Wisata Wajib Dikunjungi di Pasuruan

Alasan lainnya adalah agar pemilihan tempat wisata dan penginapan memungkinkan wisatawan mengelilingi Kabupaten Pasuruan.

“Kalau setelah main di Finna Golf & Country Club lalu menginap di Malang, itu bukan sabuk wisata. Kalau main di situ, menginapnya di Prigen. Itu baru nyambung,” imbuh Soeharto.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X