Kompas.com - 10/10/2020, 20:31 WIB
Shahr-e-gholghola alias the Scream City, Afghanistan. SHUTTERSTOCK/TORSTEN PURSCHEShahr-e-gholghola alias the Scream City, Afghanistan.

KOMPAS.com – Afghanistan dan Irak sama-sama menduduki peringkat paling rendah dan menjadi paspor terlemah dalam Global Passport Power Rank 2020 milik Passport Index.

Passport Index adalah salah satu dari beberapa indeks yang mengukur jumlah perjalanan dunia bebas visa.

Pengukuran tersebut berdasarkan paspor 193 negara anggota PBB dan enam wilayah yakni Taiwan, Makau, Hong Kong, Kosovo, Palestina, dan Vatikan. Total negara yang terdaftar dalam Passport Index adalah 199.

Baca juga: Paspor Selandia Baru Terkuat di Dunia, Geser Jepang

Berdasarkan informasi dari situs Passport Index, Sabtu (10/10/2020), Afghanistan memiliki Mobility Score (MS) sebanyak 31 poin.

Adapun, MS merupakan salah satu metode yang digunakan Passport Index untuk menilai kekuatan paspor berdasarkan bebas visa, visa on arrival (VOA), Electronic Travel Authorization (eTA), dan visa elektronik.

Sebagai catatan, akses bebas visa dan VOA memiliki perbedaan. Untuk bebas visa, pemegang paspor diberi akses masuk tanpa visa. Sementara VOA, pemilik paspor bisa mengurus visa di tempat yang dituju.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Afghanistan

Afghanistan menduduki peringkat ke-198 dengan 31 poin MS lantaran pemilik paspor negara tersebut hanya mendapat akses bebas visa ke lima negara dan VOA ke 26 negara.

Pemandangan pegunungan antara Kabul dan Bamyan (Bamiyan) di Afghanistan. Shutterstock Pemandangan pegunungan antara Kabul dan Bamyan (Bamiyan) di Afghanistan.

Salah satu negara yang membebaskan pemegang paspor Afghanistan untuk berkunjung tanpa menggunakan visa adalah Haiti.

Baca juga: Masa Berlaku Paspor Diperpanjang Jadi 10 Tahun, Ini Cara Bikin Paspor

Sementara beberapa negara yang mewajibkan pemegang paspor Afghanistan mengurus VOA adalah Bolivia, Gabon, Maladewa, Madagaskar, Nigeria, dan Uganda.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.